Sabtu, Maret 2, 2024

Sekda Ciamis Buka Kegiatan Bimtek Evaluasi Kelembagaan Pemerintah Kabupaten Ciamis

Must Read

Ciamis metropaginews.com || Sekretaris Daerah, Dr. H. Tatang M.Pd membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis evaluasi kelembagaan Pemerintah Kabupaten Ciamis bertempat di Aula Setda Ciamis, Kamis 01/09/2022.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh jajaran biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Barat dan diikuti oleh seluruh perwakilan SKPD lingkup Pemkab Ciamis serta Camat se Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Sekda Ciamis menyampaikan adanya berbagai perubahan yang begitu dinamis dalam lingkungan kelembagaan baik nasional maupun global telah membawa konsekuensi logis terhadap tatanan kelembagaan pemerintah.

“Penyederhanaan birokrasi, pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta tingginya tuntutan kualitas layanan publik termasuk diantaranya,” Ucapnya.

Sehingga, fenomena tersebut harus segera direspon oleh pemerintah yang secara fungsional diperankan oleh lembaga-lembaga pemerintah yang ada, dalam hal ini oleh setiap perangkat daerah.

Ia mengaku untuk merespon hal itu Pemkab Ciamis terus melakukan upaya-upaya reformasi birokrasi salah satunya pada area perubahan penataan organisasi.

“Setelah dilakukan perampingan struktur organisasi dan mengalihkan jabatan struktural ke fungsional serta proses transisi menuju sistem kerja baru perlu dilakukan juga evaluasi untuk menilai ketepatan fungsi, proses, dan ukuran pada seluruh perangkat daerah,” Terangnya.

Sekda menegaskan hal tersebut sesuai dengan amanat peraturan Bupati Ciamis Nomor 23 Tahun 2021 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Ciamis tahun 2020-2024.

“Tanpa mengecilkan peranan beberapa elemen lain dalam organisasi struktur dan proses organisasi merupakan dua aspek pokok organisasi yang perlu menjadi perhatian dan prioritas utama,” Jelasnya.

“Selain itu, untuk menilai dan mengetahui tingkat kematangan organisasi Pemda maupun masing-masing perangkat daerah beberapa aspek perlu dijadikan objek penilaian diantaranya tatalaksana budaya organisasi dan inovasi, ” Imbuhnya.

Melalui kegiatan Bimtek ini, Sekda berharap akan dapat menciptakan struktur organisasi yang dapat beradaptasi secara responsif maupun antisipatif terhadap tuntutan perubahan lingkungan.

Serta mewujudkan proses organisasi yang efektif dan efisien tepat fungsi tepat ukuran dan sinergis secara berkelanjutan.

“Kami tidak ingin evaluasi kelembagaan ini hanya sebatas pemenuhan bukti dokumen dan pencapaian angka-angka semata, namun harus benar-benar dijadikan acuan untuk memperbaiki menyesuaikan dan menyempurnakan kondisi kelembagaan Pemerintah Kabupaten Ciamis, ” Tandasnya.

Reporter Ade Fadil

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Korban Penipuan Minta LP, Polres Magetan Enggan Keluarkan LP, Pengamat Kepolisian Didi Sungkono Bicara

SURABAYA - METROPAGINEWS.COM || Polres Magetan Polda Jatim, tolak mengeluarkan Laporan Polisi (LP) dalam kasus penipuan yang menimpa korban...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373