Selasa, Juni 18, 2024

Wakapolresta Cilacap Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Must Read

CILACAP – METROPAGINEWS.COM || Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan Polresta Cilacap di halaman Mapolresta Cilacap, Sabtu (1/6/2024) pagi, dan dipimpin langsung Wakapolresta Cilacap, AKBP Dr Arief Fajar Satria serta diikuti pejabat utama (PJU) Polresta Cilacap, Perwira Staf, dan personel Polresta Cilacap.


Pembacaan teks Pancasila dilakukan oleh pembina upacara, dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ipda Fendy Setiadi.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Mapolresta Cilacap. (Foto: Humas Polresta Cilacap)

Wakapolresta Cilacap membacakan pidato tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, di mana intinya menyebut bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat..

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Mapolresta Cilacap. (Foto: Humas Polresta Cilacap)

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong-royong, Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” ucap Arief Fajar Satria.

 

Pada momentum bersejarah ini, pihaknya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Mapolresta Cilacap. (Foto: Humas Polresta Cilacap)

Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang, tantangan, dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Semoga peringatan ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tandasnya.

 

Reporter: Estanto.

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

FORTE Kota lubuklinggau tidak pernah mengeluarkan surat mandat mendukung H.Rodi Wijaya menjadi Walikota Lubuklinggau.

Lubuklinggau - METROPAGINEWS.COM || 18/06/2024 FORTE Kota Lubuklinggau merupakan organisasi ketua rukun tetangga (RT) sekota lubuklinggau, dilatar belakangi seringnya...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420