Rabu, Juli 24, 2024

110 Warga Cilacap Ikuti Operasi Katarak Gratis

Must Read
CILACAP – METROPAGINEWS.COM || Sekitar 110 warga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengikuti operasi katarak gratis yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap, Sabtu (2/3/2024).

Operasi katarak ini merupakan salah satu kegiatan bakti sosial PMI dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-168 Kabupaten Cilacap. 

Operasi katarak yang dilaksanakan di Klinik Pratama Rawat Inap PMI Cilacap di Kalisabuk, Kesugihan tersebut dibuka Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri. 

Operasi katarak dilakukan karena banyaknya kasus penyakit katarak di Kabupaten Cilacap. 
110 Warga Cilacap Ikuti Operasi Katarak Gratis
Wadir Umum dan Keuangan RSUD, Hasanuddin (tengah) saat dikonfirmasi. (Foto: Estanto Prima Yuniarto)
Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf mengatakan bahwa untuk operasi katarak hari ini dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-168 Kabupaten Cilacap.
“Targetnya 100 orang, di RSUD Cilacap 50 orang, RSUD Majenang 50 orang. Dan sampai saat ini sudah 110 orang. Bupati minta, pokoknya semuanya dioperasi,” ucapnya.

Dan, kata Farid lagi, insya Allah di Majenang ada 54 orang yang dioperasi.

“Pokoknya, semuanya dioperasi. Baik di RSUD Majenang maupun RSUD Cilacap,” tandasnya.

Menurut Farid, (operasi katarak gratis) ini merupakan kerja sama PMI dengan Pemkab Cilacap melalui RSUD Cilacap maupun Majenang, semuanya gratis.

Namun Farid menegaskan bahwa kegiatan PMI ini bukan hanya operasi katarak, tetapi juga pembagian sembako.
BACA JUGA : Kasus Perampokan di Kedungreja Disidangkan, Tak Ada Saksi yang Meringankan

Ditanya pendanaan, ia mengatakan dari PMI Cilacap. “Kita membantu operasional. Untuk obat-obatan dan tempat operasi dari rumah sakit. Dokternya dari dokter spesialis rumah sakit Cilacap maupun Majenang,” pungkasnya.

Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri mengharapkan, ini bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat.

‘Memang penyakit katarak ini masih banyak di masyarakat. Ini dalam rangka HUT ke-168 Kabupaten Cilacap. Mudah-mudahan Cilacap semakin maju. Dan PMI di bawah kepemimpinan Pak Farid banyak kemajuan dan operasi ini terbaik kedua se-Jateng setelah Semarang. Termasuk perluasan Klinik PMI yang akan dilakukan bertahap,” kata Awaluddin.

Perlu diketahui, ke-50 peserta yang telah di-screening di Klinik Pratama PMI selanjutnya dibawa ke RSUD Cilacap untuk menjalani operasi.
110 Warga Cilacap Ikuti Operasi Katarak Gratis
Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis PMI dalam rangka Hari Jadi ke-168 Kabupaten Cilacap. (Foto: Estanto Prima Yuniarto)
Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Cilacap, Hasanuddin menjelaskan, dalam pelaksanaan operasi katarak pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana mulai dari SDM, dokter spesialis, perawat pendamping. Termasuk ruang operasi dan obat. 

“Secara prinsip, RSUD Cilacap dalam pelaksanaan operasi katarak ini, walaupun istilahnya gratis, tapi kita tidak seadanya, justru kita persiapkan dengan baik dan maksimal,” ujar Hasanuddin. 

“Intinya kita berusaha melayani dengan sebaik-baiknya, boleh dibilang ini operasi VIP. Harapannya masyarakat bisa terbantu dengan adanya operasi katarak gratis ini,” lanjutnya. 

Ia menambahkan, pelaksanaan operasi berlangsung singkat. “Kurang lebih 5-10 menit. Alat kita datangkan dari Jogja,” pungkasnya.




(Estanto)
ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Jagal RPH Pegirian Tolak Pemindahan Tempat Baru

SURABAYA-METROPAGlNEWS.COM || Tersiar kabar bahwasanya dalam waktu dekat ini pemerintah kota Surabaya, bakalan memindahkan rumah pemotongan hewan (RPH) yang...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427