Sabtu, Juni 22, 2024

Barisan Relawan Indonesia Kuat dan Badan Relawan Prabowo Gelar Tanam Raya Padi di Karawang Pada 8 April 2023

Must Read

KARAWANG – METROPAGINEWS.COM || Dalam upaya mempercepat swasembada pangan, Barisan Relawan Indonesia Kuat (BRIK) dan Badan Relawan Prabowo (BRP) melakukan tanam raya padi di Majalaya, Karawang pada Sabtu (8/4/2023).

Kegiatan tanam raya ini juga bekerja sama dengan Pejuang Purnawirawan Indonesia Raya didukung oleh Bintang Abadi Chemical selaku produsen pupuk POC Cendana dan Koperasi Indonesia Sejahtera Bersama sebagai distributornya.

Ketua Umum Barisan Relawan Indonesia Kuat (BRIK) Restianti mengatakan program pertanian ini salah satu program Barisan Relawan Indonesia Kuat (BRIK) ajukan sebagai program kerja untuk membantu para petani di Indonesia.

BACA JUGA : Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Negara Butuh Haluan

“Alhamdulillah program ini didukung oleh Koperasi Indonesia Sejahtera Bersama yang ditunjuk oleh PT Bintang Abadi Chemical sbg distributor dari pupuk POC Cendana,” katanya.

Ia menjelaskan keunggulan dari pupuk POC Cendana ini adalah memacu pertumbuhan tanaman pada fase vegetatif dan generatif.

“Pupuk ini mempercepat siklus tanaman padi dari rata- rata fase generatif mulai 55 hari menjadi 45- 46 hari, meningkatkan jumlah dan kualitas hasil panen dari rata2 6,5 ton gabah/ha menjadi 9 ton/ha tanpa tambahan pupuk makro (NPK) dan untuk hasil gabah meningkat dari parameter 65-67 % menjadi 74%, butir beras lebih besar, berisi, dan tidak mudah patah, memberi tambahan ekonomis petani,” jelasnya.

Restianti juga menguraikan pupuk POC Cendana ini memulihkan kerusakan akar, batang dan daun akibat hama dan penyakit.

Barisan Relawan Indonesia Kuat dan Badan Relawan Prabowo Gelar Tanam Raya Padi di Karawang
Barisan Relawan Indonesia Kuat dan Badan Relawan Prabowo Gelar Tanam Raya Padi di Karawang

BACA JUGA : Ketua DPD RI : Sebaiknya Buka Bersama Ramadhan 1444 H Diatur, Bukan Dilarang

“Karena pupuk POC Cendana ini bahan utamanya adalah susu, prebiotic nabati yang terdiri dari herbal, buah-buahan,kacang- kacangan, rimpang dan laktobasilus sp. Oleh karena itu pupuk ini mempunyai nilai nutrisi yang tinggi seperti asam amino esensial, vitamin, micro mineral, makro mineral dan asam lemak sehingga membantu lahan- lahan bekas pakai pupuk kimia,” jelasnya.

Ketua Umum DPN BRIK berharap program ketahanan pangan ini dapat mempercepat swasembada pangan.

“Semoga apa yang kita usahakan akan bermanfaat dan dirasakan masyarakat Indonesia khususnya para petani,” harapnya.

BACA JUGA : AKEN Kembali Gelar Pameran Indonesia Sustainable Procurement Expo 2023

Ketua Umum Badan Relawan Prabowo (BRP) Laksda TNI (Purn) Eko Djalmo Asmadi mengatakan Barisan Relawan Indonesia Kuat (BRIK) sudah beberapa kali melakukan kegiatan seperti ini dan hasilnya baik.

“BRIK sudah melakukan kegiatan seperti ini dan hasilnya baik. Mudah- mudahan untuk tanam raya di sini (Karawang- red) juga akan mendapatkan hasil yang lebih baik,” harapnya.


(Susan/Rayhan)

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Dugaan Penyaluran KUR dengan SKU Fiktif Masih Dalam Tahap Pengumpulan Data dan Keterangan

MALANG - METROPAGINEWS.COM || Penyaluran Kredit Usaha Rakyat( KUR ) di Desa Jenggolo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang yang diduga...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420