Sabtu, Juni 22, 2024

BNN Bangun Gedung Laboratorium Narkotika di Bangkalan, Plt Bupati: Semoga Bisa Meminimalisir Peredaran Narkoba

Must Read

BANGKALAN – METROPAGINEWS.COM || BADAN Narkotika Nasional (BNN) memilih Kabupaten Bangkalan sebagai tempat pembangunan Laboratorium Narkotika ke-4. Pembangunan gedung akan ditempatkan di Desa Baengas, Kecamatan Labang. Kegiatan pembangunan ini ditandai dengan peletakan baru pertama oleh Plt Bupati Bangkalan Drs Mohni MM, Rabu(14/6/2023)

Kepala Biro Umum Settama BNN Brigjen. Pol. Drs. Moh. Indra Gautama mengatakan pembangunan gedung Laboratorium Narkotika itu sebagai salah satu upaya dalam percepatan penanganan penyalahgunaan narkotika. Untuk itu BNN berencana akan membangun 5 laboratorium Uji Narkotika di Indonesia.

“Sampai saat ini sudah ada 3 Laboratorium yang telah kita bangun yaitu di Medan, Makassar dan Samarinda Kalimantan Timur. Sedangkan di Bangkalan yang sedang kita proses bangun ini merupakan laboratorium uji narkotika ke 4,” ujarnya saat peresmian pembangunan gedung.

Menurut Indra tujuan pembangunan laboratorium daerah adalah untuk menciptakan layanan laboratorium narkotika yang menjangkau wilayah sehingga meningkatkan pemerataan jangkauan layanan laboratorium Indonesia yang efektif dan efisien. Melalui laboratorium juga dapat mendukung percepatan penanganan permasalahan narkotika melalui sains laboratories.

“Melalui Lab Narkotika nantinya kita bisa melakukan uji coba tes narkotika hasil dari penyitaan barang bukti tindak pidana narkotika. Kita juga dapat melakukan profiling atau untuk mengetahui arah dari mana bahan-bahan narkotika tersebut berasal dan bisa mengelompokkan kelompok-kelompok jaringan yang ada di Indonesia baik tingkat nasional regional dan internasional. Sehingga keberadaan Lab ini akan sangat mendukung dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN),” jelasnya.

BACA JUGA : Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Negara Butuh Haluan

Sedangkan Plt Bupati Bangkalan Drs Mohni MM dalam kesempatan tersebut sangat berterima kasih karena Bangkalan dipilih menjadi salah satu tempat pembangunan Laboratorium Uji Narkotika. Dengan dibangunnya laboratorium ini diharapakan dapat meminimalisir peredaran narkotika di Jawa Timur khusunya di Madura.

Plt Bupati juga menyampaikan bahwa Kabupaten Bangkalan juga terus mendukung serta berkomitmen untuk memerangi peredaran serta penyalahgunaan narkoba.

“Karena itu kami juga berharap kedepan, di Kabupaten Bangkalan juga bisa membentuk BNN tingkat Kabupaten, sehingga akan lebih memaksimal dalam upaya percepatan P4GN,” ungkapnya.

Dalam acara peresmian pembangunan Laboratorium ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Plt. Bupati Bangkalan, Kepala Biro Umum Settama BNN, Kepala Pusat Laboratorium BNN Brigjen. Pol. Ir. Wahyu Widodo, Kepala BNNP Jawa Timur Brigjen. Pol. Drs. Moh. Aris Purnomo, MH, Kepala Bakesbangpol Prop. Jawa Timur Eddy Supriyanto, SSTP. M.MPSDM, Polres Bangkalan dan Dandim 0829 Bangkalan.


(Sunanul Huda)
Sumber : Diskominfo Bangkalan

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Ungkapan Rasa Syukur Gus Machbub Kepala Desa Gumelem Kulon Setelah Pengukuhan Jabatan 

BANJARNEGARA-METROPAGINEWS.COM || Kepala Desa se-Kabupaten Banjarnegara semuanya menyambut dengan gembira setelah di kukuhkan masa Jabatannya oleh PJ Bupati Banjarnegara,...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420