Sabtu, Mei 18, 2024

KUD Mino Saroyo Cilacap Targetkan Pendapatan Produksi Rp150 Miliar Tahun 2024

Must Read
CILACAP – METROPAGINEWS.COM || KUD Mino Saroyo Cilacap menargetkan pendapatan produksi di tempat pelelangan ikan (TPI) meningkat 33 persen di tahun 2024 dari realisasi tahun sebelumnya.

Demikian dikatakan Ketua KUD Mino Saroyo, Untung Jayanto usai Rapat Akhir Tahun (RAT) Tutup Buku Tahun 2023 di Gedung HNSI Cilacap, Kamis (7/3/2024).

Ia mengungkapkan, walaupun semua target, mulai dari produksi, unit-unit usaha tercapai bahkan surplus di tahun sebelumnya, mestinya tahun ini harus bisa meningkat.
KUD Mino Saroyo Cilacap Targetkan Pendapatan Produksi Rp150 Miliar Tahun 2024
KUD Mino Sariyo targetkan pendapatan Rp150 miliar tahun 2024. (Foto: Estanto Prima Yuniarto)
“Contoh dari produksi rencana tahun 2023 adalah Rp100 miliar, bisa tercapai Rp117 miliar. Dan di tahun 2024 kita rencanakan Rp150 miliar untuk pengelolaan di TPI. Jadi ada kenaikan sekitar Rp33 miliar,” tandasnya.

Dikatakan, apabila target tersebut tercapai, dana sosial yang diperuntukkan untuk kesejahteraan anggota yaitu nelayan akan dinaikkan 100 persen.
BACA JUGA : Kasus Perampokan di Kedungreja Disidangkan, Tak Ada Saksi yang Meringankan

“Seperti santunan kematian Rp2,5 juta, sementara pendapatan kita Rp70 miliar saja kita bisa membayar. Apalagi kalau yang Rp150 miliar tercapai, kok kita tidak tingkatkan, kan keliru,” ungkapnya.

Menurut Untung, mestinya kita tingkatkan menjadi Rp5 juta. Ini bukan asuransi, tapi santunan.

Termasuk bantuan jaring kecangko, kecelakaan di laut dan lainnya. “Dan akan kita realisasikan di tahun 2025,” imbuhnya.
KUD Mino Saroyo Cilacap Targetkan Pendapatan Produksi Rp150 Miliar Tahun 2024
KUD Mino Sariyo targetkan pendapatan Rp150 miliar tahun 2024. (Foto: Estanto Prima Yuniarto)
Selain itu, unit-unit usaha lainnya yang dikelola KUD Mino Saroyo ke depan juga akan ditingkatkan. “Upaya kita dengan mendorong para pemilik kapal dan nelayan untuk bisa meningkatkan lagi hasil produksinya,” kata Untung.

Meski demikian, Untung mengaku masih ada nelayan yang tidak menyetorkan hasil laut. “Masih ada beberapa nelayan, tidak mungkin-lah 100 persen. Sudah 80 persen saja ini sudah bagus,” Untung memungkasi.

Jumlah anggota KUD Mino Saroyo Cilacap saat ini sekitar 8.200 nelayan dari 8 kelompok nelayan. Yaitu kelompok nelayan Sentolokawat, Pandanarang, Sidakaya, Tegalkatilayu, Lengkong, Bengawan Donan, PPSC, dan Kemiren.



(Estanto)
ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Didi Sungkono Apresiasi Unit PPA Polres Kab.Malang Tahan Pelaku Pemerkosaan

SURABAYA - METROPAGINEWS.COM || Penyidik unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Kabupaten Malang patut diapresiasi atas penahanan pelaku...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420