Selasa, Desember 5, 2023

Lestarikan Seni Daerah, Pemkab Bojonegoro Akan Gelar Ketoprak Plesiran di Empat Zona

Must Read

BOJONEGORO – METROPAGINEWS.COM || Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menggelar pentas seni Ketoprak Plesiran ‘Gentari Jagat’. Pentas seni untuk menghibur masyarakat ini digelar di empat zona setiap akhir pekan.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar, Dheny Ike menjelaskan pada pentas seni Ketoprak Plesiran tersebut, rencananya akan menampilkan para pejabat di lingkup Pemkab Bojonegoro. Tujuanya adalah bersama sama menghibur masyarakat sekaligus melestarikan kesenian tradisional agar lebih dikenal oleh generasi milenial.

“Gentari Jagad merupakan judul ketoprak yang di setiap lokasi berbeda episode. Di antaranya Prahara Nagara, Sayembara Sudamala, Mati Sajroning Urip, dan Gentari Jagat Jumeneng,” tandasnya.

Lestarikan Seni Daerah, Pemkab Bojonegoro Akan Gelar Ketoprak Plesiran di Empat Zona
Lestarikan Seni Daerah, Pemkab Bojonegoro Akan Gelar Ketoprak Plesiran di Empat Zona

BACA JUGA : Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Negara Butuh Haluan

Lebih lanjut, Dheny menjelaskan pagelaran ketoprak akan dilaksanakan pada empat zona. Yakni zona satu di lapangan Desa Megale Kecamatan Kedungadem, zona dua di lapangan Desa Jono Kecamatan Temayang, zona tiga di lapangan Desa Sukorejo Kecamatan Tambakrejo dan zona terakhir berada di alun-alun Kabupaten Bojonegoro.

“Selain pertunjukan ketoprak juga didukung pameran produk unggulan dari desa di wilayah kecamatan tuan rumah. Di antaranya Kecamatan Kedungadem, Kecamatan Temayang, dan Kecamatan Tambakrejo,” imbuhnya.

Pentas seni Ketoprak Plesiran ini sesuai rencana dilaksanakan di tiap akhir pekan yakni Sabtu malam pada tanggal 24 Juni di zona satu, 8 Juli di zona dua, 5 Agustus di zona tiga dan 16 September di zona empat.

“Selain dapat disaksikan secara langsung di setiap zona, acara ini juga bisa disaksikan di kanal YouTube Pemkab Bojonegoro,” ujarnya.


[Redho]

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Di SMAN 1 Purbalingga, Dandim Ajak Siswa Tingkatkan Semangat Nasionalisme

PURBALINGGA - METROPAGINEWS.COM || Dandim 0702 Purbalingga, Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol mengajak siswa-siswi SMA Negeri 1 Purbalingga...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373