Rabu, Juli 24, 2024

Pemkab Bojonegoro Canangkan Imunisasi Polio Ulang Serentak, Pj Bupati: Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Must Read
BOJONEGORO – METROPAGINEWS.COM || Pemerintah Kabupaten Bojonegoro (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan Pencanangan Imunisasi Polio Ulang Serentak (Sub Pekan Imunisasi Nasional/ Sub Pin Polio) yang dilakukan di Puskesmas Malo, Selasa (16/1/2024). Sebanyak 50 sasaran imunisasi hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutanya, Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto menuturkan kegiatan ini merupakan langkah untuk mencegah sekaligus penanggulangan munculnya kasus-kasus penyakit akibat ketiadaan dan minimnya aspek kekebalan tubuh. Yakni khususnya bagi kelompok rentan seperti balita dan anak-anak yang tidak atau belum lengkap pemberian imunisasi khusus imunisasi Polio.  

“Salah satu tujuan pelaksanaan imunisasi polio ulang serentak adalah memutus rantai penularan penyakit polio. Polio merupakan salah satu penyakit infeksi virus polio yang sangat berbahaya, dapat menyebabkan kelumpuhan seumur hidup dan cacat permanen, bahkan menimbulkan kematian,” jelasnya.

Munculnya penyakit Polio, lanjut Pj Bupati, sebenarnya dapat dicegah melalui pemberian kekebalan dari Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) misalnya Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Polio dan Campak.

Pj Bupati menyitir petuah bijak bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Dengan upaya mencegah berarti berusaha menjaga kesehatan. Selalu sehat berarti produktivitas akan meningkat yang pada akhirnya dapat menjalani aktivitas hidup dengan nikmat.

“Upaya penanggulangan penyakit polio bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama,” imbuhnya.
BACA JUGA : Kasus Perampokan di Kedungreja Disidangkan, Tak Ada Saksi yang Meringankan

Untuk itulah perlu dilakukan suatu gerakan hidup bersih dan sehat untuk memutus rantai penularan penyakit polio dengan melibatkan seluruh aspek masyarakat. Yakni mulai dari pemberdayaan masyarakat, kerja sama lintas sektor, anak-anak sekolah, pondok pesantren dan seluruh warga masyarakat. Upaya bersama adalah salah satu upaya yang efektif dalam meminimalisasi munculnya problem kesehatan terutama kasus penyakit. Salah satunya dengan upaya penguatan melalui gerakan penanggulangan polio.
Pemkab Bojonegoro Canangkan Imunisasi Polio Ulang Serentak, Pj Bupati: Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati
Pemkab Bojonegoro Canangkan Imunisasi Polio Ulang Serentak, Pj Bupati: Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati
“Oleh karena itu kegiatan pelaksanaan imunisasi polio ulang serentak (Sub PIN Polio) kali ini adalah bentuk upaya nyata bahwa ancaman Polio dapat diantisipasi sedini mungkin,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ani Pujiningrum dalam laporan kegiatanya menyampaikan tujuan kegiatan ini guna melakukan penguatan peran aktif lintas program / lintas sektor dan masyarakat. Terutama dalam pelaksanaan Imuninasi Polio Ulang Serentak untuk mencapai target lebih dari 95 persen.

Sub PIN dilaksanakan sebanyak 2 putaran, yakni putaran I  mulai 15-21 Januari 2024 dengan sweeping : 22-28 Januari 2024. Sedang putaran II : 19-25 Februari 2024 dengan sweeping : 26-29 Februari 2024.

“Sasaran Sub PIN Polio adalah Anak usia 0-7 tahun 11 bulan dengan jumlah 142.619 anak di Kabupaten Bojonegoro, Sub PIN dilaksanakan di 3.988 pos Sub PIN yang tersebar di seluruh Kabupaten Bojonegoro, yang meliputi Posyandu, Pos PAUD, TK, dan SD/MI sederajat,” pungkasnya.


(Redho)
ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Jagal RPH Pegirian Tolak Pemindahan Tempat Baru

SURABAYA-METROPAGlNEWS.COM || Tersiar kabar bahwasanya dalam waktu dekat ini pemerintah kota Surabaya, bakalan memindahkan rumah pemotongan hewan (RPH) yang...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427