Kamis, Oktober 24, 2024

Pentas Karya Seni Disabilitas, RCFC Cilacap Gelar untuk Peduli ABK dan Penyandang Disabilitas

Must Read

CILACAP – METROPAGINEWS.COM || Komunitas yang peduli terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Romo Carolus Fans Club (RCFC) Cilacap menggelar Festival Karya Seni “Aku Anak Hebat”, Minggu (28/7/2024) sore.Pentas Karya Seni Disabilitas, RCFC Cilacap Gelar untuk Peduli ABK dan Penyandang Disabilitas

Acara digelar di Gedung Diklat Praja, dan diikuti 300 ABK dan 50 penyandang disabilitas yang ada di wilayah kota Cilacap.

Sejumlah anak unjuk kebolehan tampil di atas panggung, seperti menari, menyanyi, dan lain-lain.Hadir Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri membuka acara.

Kegiatan diinisiasi oleh Romo Carolus Patrick Burrows, dengan tujuan menjadikan anak berkebutuhan khusus sebagai bintang dalam kehidupan banyak orang.

Menurut Romo Carolus, anak berkebutuhan khusus (ABK) harus mendapat perhatian dan perlakuan yang semestinya di masyarakat. “Artinya kita tidak boleh membeda-bedakan, dan harus mendukung melalui kegiatan seperti ini, sebagai bentuk apresiasi kepada anak berkebutuhan khusus maupun penyandang disabilitas,” ujarnya.

Hal ini supaya masyarakat pada umumnya bisa melihat dan memandang mereka meskipun berkebutuhan khusus, namun ternyata memiliki semangat dan bisa menjadi sumber inspirasi.

Sementara, Romo Petrus Hamonangan Sidabalok OMI, selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan ini digelar agar tercipta masyarakat yang inklusi, tidak hanya sekolah, sehingga semakin peduli terhadap sesama, khususnya terhadap mereka penyandang disabilitas maupun anak berkebutuhan khusus.

“Sebenarnya kita ingin mengundang banyak orang untuk terlibat dalam acara ini untuk membuat komunitas kita semakin inklusi, dan sungguh-sungguh peduli serta menjadi satu keluarga yang besar dengan berbagai macam kondisi masyarakat kita,” ungkapnya.

Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang digelar Romo Carolus Fans Club (RCFC) Cilacap ini.

“Kami dari pemerintah daerah tentu sangat mendukung, dan komitmen mewujudkan Kabupaten Cilacap ramah disabilitas, misalnya di sekolah ke depan semakin banyak sekolah yang memberikan perhatian kepada anak-anak disabilitas, karena mereka juga anak-anak yang luar biasa,” kata Awaluddin.

“Ada beberapa sekolah luar biasa (SLB) yang hanya ada di kota. Dan ini perlu kita intervensi, tentunya bekerja sama dengan pemerintah pusat, sehingga nanti diperbanyak di daerah-daerah. Nanti akan kita buat formulanya seperti apa,” tutup Muuri.

Reporter: Estanto

Facebook Comments

Latest News

Ahli Waris Tanah RSPON Bersyukur Warkah Terdaftar di Kelurahan Cawang

JAKARTA-METROPAGINEWS.COM || Sengketa tanah di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur yang saat ini lokasi tanahnya sudah dibangun proyek Pengembangan Rumah...

More Articles Like This