Sabtu, Maret 2, 2024

Sosok dibalik berdirinya Politeknik Maritim Pertama di Jawa Barat

Must Read

Subang – metropaginews.com || Pencetus ide dan gagasan di balik berdirinya berdirinya Politeknik Maritim Eka Utama adalah Yayasan Pendidikan Eka Utama yang berdiri pada tahun 2020 dibawah pimpinan Ibu Eka Sugiharti.S.AP. Seorang Perempuan kelahiran Subang 31 Agustus 1967 adalah sosok yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan. Salahsatu bentuk pengabdianya terhadap dunia pendidikan dengan mendirikan Politeknik Maritim Eka Utama.

Politeknik Maritim Eka Utama didirikan di Kota Subang sebagai Politeknik Maritim Pertama dan Satu-Satunya di Jawa Barat, yang didirikan sebagai bentuk tanggung jawaban Yayasan Pendidikan Eka Utama untuk menyiapkan sumber daya manusia di Kabupaten Subang khususnya dan Jawa Barat pada umumnya dalam bidang kemaritiman yang cakap, disiplin, unggul dan berkarakter kebangsaan, serta mempu mengisi kebutuhan tenaga pekerja di dunia kemaritiman.

Disampig itu berdirinya Pelabuhan Internasional Patimban di Kabupaten Subang juga menjadi dorongan utama berdirinya Politeknik Maritim Eka Utama.

Kehadiran Politeknik Maritim Eka Utama didukung telah mendapat dukungan baik dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Subang serta dunia Industri yang meliputi perusahaan-perusahaan bidang transportasi laut, logistik dan kepelabuhan dan Asosiasi-Asosiasi Industri yang ada di Indonesia.

Sekretaris Yayasan Politeknik Maritim Eka Utama Pawid Wartono, S.E ., M.M mengatakan Dirjen Dikti telah melakukan visitasi dan penilaian dari BAN PT dengan akreditasi baik. Salah satu alasan didirikannya Politeknik Maritim Eka Utama, sejalan dengan diresmikannya Pelabuhan Internasional Patimban di Subang belum lama ini. Sehingga ke depan lulusannya bisa mengisi kebutuhan tenaga kerja di Pelabuhan Patimban, Subang.

Mengingat perguruan tinggi di bidang kemaritiman di Jawa Barat belum banyak, Ia menyebutkan bahwa Politeknik Maritim Eka Utama ini merupakan perguruan tinggi satu-satunya dan pertama sebagai politeknik yang bergerak di bidang kemaritiman di Jawa Barat.

“Harapannya agar anak-anak muda Subang yang memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi kemudian bisa mengambil kesempatan dan peluang kerja yang terbuka sangat lebar di Pelabuhan Patimban,” ucapnya.

Ada tiga program studi (prodi) yang ditawarkan Politeknik Maritim Eka Utama, yakni D4 Transportasi Laut, D3 Manajemen Pelabuhan, dan D3 Manajemen Logistik. Dalam menyusun kurikulim pihaknya menggandeng para pakar di bidangnya masing-masing.
Politeknik Maritim Eka Utama telah menjalin kerjasama dengan dunia industri.

Karena khusus untuk prodi D4 Transportasi Laut pihaknya menerapkan enrichment program atau program 3+1 yang menjadi unggulan
“Jadi kuliah itu hanya 3 tahun dan 1 tahunnya magang di insdutri. Biasanya magang hanya beberapa bulan, mahasiswa kami dirancang untuk magang selama 1 tahun kegiatan yang mereka lakukan sudah diakui bagian dari SKS yang ditempuh,” ujarnya.

Pawid Wartono S.E ., M.M menambahkan penerimaan mahasiswa telah dibuka untuk calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Banyak mahasiswa yang telah mendaftar baik mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri, untuk tahun ini ada sekitar 4 orang mahasiswa Internasional asal Timor Leste yang telah mendaftar di Politeknik Maritim Eka Utama Subang. Baik Mahasiswa Internasional & di luar Jawa Barat, Pihak kampus menyediakan asrama bagi para mahasiswa yang letaknya sangat dekat dengan kampus.

Adapun beberapa perusahaan yang telah melakukan kerjasama dengan Politeknik Maritim Eka Utama adalah PT. Jaringan Mas Perkasa,PT. Trinanggala Senasamudra, PT. Prima Lestari Segara Abadi, PT. Cakrawala Logistik, CV. Surya Pandawa Nusa, PT. Jawa Barat Logistik, PT. Runinco Bumi Lestari, PT. Mandala Sinar Perkasa, PT. Muhibah Abadi, dan PT. SPN Logistik.

Reporter : Muhammad Yusuf, S,sos ., M.M

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Korban Penipuan Minta LP, Polres Magetan Enggan Keluarkan LP, Pengamat Kepolisian Didi Sungkono Bicara

SURABAYA - METROPAGINEWS.COM || Polres Magetan Polda Jatim, tolak mengeluarkan Laporan Polisi (LP) dalam kasus penipuan yang menimpa korban...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373