Sabtu, Mei 18, 2024

Bupati Manggarai Meresmikan Pojok Baca Digital, Begini Pesannya

Must Read
MANGGARAI NTT – METROPAGINEWS.COM || Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit, meresmikan Pojok Baca Digital di Ruang Loby lantai Satu Kantor Bupati Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Senin,11 Desember 2023.

Dalam Arah singkatnya Bupati Hery mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuannya kepada pemkab manggarai melalui dinas Arsip dan Perpustakaan daerah, yakni pondok baca digital (pocadi).

Bupati Hery mengatakan kedepannya semoga saja bantuan serupa juga akan dilakukan di tempat-tempat lainya di Manggarai, seperti di kampus-kampus dan tempat dimana orang-orang berkumpul.

“Sengaja Ditempatkan dipojok lantai satu kantor bupati, supaya semua orang yang memiliki urusan di kantor bupati manggarai, ketika menunggu giliranya bisa duduk sambil membaca di sini, tidak harus di komputer tetapi juga harus ada buku bacaan yang lain. Kebiasaan membaca ini harus kita galakkan lagi,” Kata Nabit

Tak hanya itu Bupati Hery mengatakan dengan adanya pondok baca digital, sekaligus membentuk pola baru, artinya semua tamu yang punya keperluan di kantor bupati harus melalui ruangan loby dulu sebelum ke tempat tujuan mereka.

”bagian mana pun semua tamu harus menunggu dilantai satu, sambil menunggu antrian, nanti penerima tamu yang akan mengantarkan mereka ke atas,” tutup Nabit.
BACA JUGA : Kasus Perampokan di Kedungreja Disidangkan, Tak Ada Saksi yang Meringankan

Terpisah, Kepala Dinas Arsip Perpustakaan kabupaten Manggarai Venidiana Wanggu menjelaskan, pojok baca digital adalah, perpustakaan hybrid mini yang dilengkapi dengan koleksi tercetak, koleksi digital, rak buku, meja kursi, karpet, server koleksi digital, komputer, tablet, televisi serta akses internet yang berfungsi sebagai layanan ekstensi bagi Dinas Perpustakaan daerah.

“Koleksi cetak dan digital (e-book) yang ada di Pocadi berasal dari konten yang tersimpan di server lokal dan juga konten ipunas, yang dapat diunduh menggunakan aplikasi play store,” ujar Wanggu.

Pocadi juga dilengkapi dengan perangkat dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi e-book yang tersedia.
Lebih lanjut ia menyampaikan, Pocadi ini diserahkan untuk menjadi aset daerah dan wajib difungsikan dalam memberikan layanan perpustakaan di lokasi yang mudah dijangkau dan berdekatan dengan tempat kegiatan masyarakat.

“Kenapa kita memilih di kantor Bupati Manggarai lantai 1 menjadi lokasi pojok baca digital di kabupaten Manggarai, karena merupakan lokasi yang strategis yang dapat diakses oleh masyarakat setiap saat dengan mudah,” jelasnya

Adapun tujuan dari Pocadi ini selanjutnya adalah memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat melalui koleksi cetak maupun koleksi digital karena pojok baca digital ini terbuka untuk masyarakat umum baik itu pegawai,mahasiswa,anak sekolah dan Masyarakat Manggarai Yang mau membaca buku baik itu melalui e -buku juga koleksi buku bacaan fisik yang sudah tersedia di pojok baca tersebut.*


(Ardi)
ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Didi Sungkono Apresiasi Unit PPA Polres Kab.Malang Tahan Pelaku Pemerkosaan

SURABAYA - METROPAGINEWS.COM || Penyidik unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Kabupaten Malang patut diapresiasi atas penahanan pelaku...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420