Kamis, Februari 22, 2024

Dispangtan kota Cimahi Berikan 540 Bibit Cabe Kepada Warga RW 03 Kelurahan Utama

Must Read

Cimahi – metropaginews.com || Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) kota Cimahi menyerahkan Bibit Cabe Rawit dan Cabe Kriting sebanyak 540 bagi warga kelurahan Utama Cimahi Selatan, yang di serahkan langsung ke warga RW 03 Komplek Pilar Mas, Rabu (28/12/2022).

Saat di wawancara media, Sub koordinator pertanian kota Cimahi, Tanri Pakki mengatakan, penyerahan Bibit Cabe Rawit dan Cabe Kriting untuk 54 kk yang menerima manfaat.

“Kegiatan ini dalam rangka Penanggulanga implasi di kota Cimahi, masing-masing Kepala Keluarga ( KK) kami berikan 5 Bibit Cabe Rawit,5 Bibit cabe kriting, jumlah nya 10 per KK. Mudah-mudahan masyarakat RW 03 kelurahan Utama bisa merawatnya,” ucapnya, kepada wartawan.

Semua Bibit tanaman bibit cabe rawit berjumlah 270 dan Cabe Kriting 270, total semua 550 bibit yang di berikan hari ini.

Tanri Pakki menyampaikan, Dinas pertanian kota Cimahi sementara ini baru memberikan ke 9 Kelurahan, dan tidak semua Kelurahan. Kegiatan ini akan selalu di dampingi oleh penyuluh dari dinas pertanian, yang nantinya akan memberikan bagaimana cara bibit tersebut menjadi banyak,” ungkapnya.

Adapun kelurahan yang dapat bibit tersebut, kelurahan Cibeber, Utama, Melong, Setiamanah, Padasuka, Cigugur Tengah, Cipageran, Citereup dan Kelurahan Pasirkaliki, yang baru kami berikan Bibit Cabe.

“Harapan saya kedepannya Mudah-Mudahan dengan pemberian Bibit Cabe bisa mengurangi masyarakat, dalam kebutuhan cabe Rawit dan Cabe kriting,” katanya.

Kepala Bidang Pertanian dan Perikanan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Mita Mustikasari, menuturkan, dalam Rangka pengendalian implasi daerah, komoditas tanaman, menilai yang mempengaruhi inflasi daerah salah satunya tanaman Cabe.

“Kami pada saat ini hanya memberikan Bibit Cabe saja, kalau bibit bawang merah dan bawah putih secara geografis di Cimahi tidak terlalu cocok dan sulit buat masyarakat.
Kita mulai dengan Bibit Cabe hanya stimulus pada masyarakat agar mau memanfaatkan lahan pekarangannya,
Kami harap tidak hanya cabe saja nanti juga ada tanaman lain yang inisiasi oleh masyarakat dalam kebutuhan pangan,” kata Mita.

Ia mengatakan, Sasarannya adalah bagaimana memenuhi kebutuhan pangan untuk keluarga,

“Nantinya juga kami di masing-masing kelurahan atau lokus akan di dampingi oleh penyuluh,dan di sosialisasikan kepada masyarakat bagaimana caranya membudidayakan, cara pemeliharaan,dan mengendalikan penyakit tanaman, ini dinamakan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen,” Ujarnya.

Ketua RW siaga kelurahan Utama,Tri Widodo, menyambut dengan baik dan menerima Bibit tanaman Cabe tersebut.

“Ini adalah stimulus dari pemerintah salah satun program dari ketahanan pangan,kami sebagai masyarakat menerima Bibit Cabe sebanyak 10 Bibit, mudah-mudahan bisa merawatnya.
Di RW 03 yang menerima Bibit Cabe sebanyak 54 kk masing-masing mendapat 10 Bibit Cabe.
Harapan kami mudah-mudahan masyarakat bisa lebih mandiri dan membantu dalam ekonominya,” tutupnya. (*)

Reporter : Rustandi/Atim

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

BUMD Subang (PT Subang Sejahtera) dan PT PSS Gelar Penandatanganan Akta Notaris Kerjasama BGS (BOT)

BOGOR- METROPAGINEWS.COM || BUMD Subang perseroan Subang Sejahtera yang bekerjasama dengan PT PSS yang merupakan Developer Pesona Subang Mall...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373