Sabtu, Juni 22, 2024

Jelang Idul Adha, Disnakkan Bojonegoro Terjunkan Tim untuk Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Must Read

BOJONEGORO – METROPAGINEWS.COM || Dalam rangka menyambut perayaan Idul Adha 1444 H, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro melakukan langkah memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat. Salah satunya dengan menyiapkan tim yang terdiri dari tenaga paramedik dan dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban di 28 kecamatan yang mencakup seluruh wilayah Bojonegoro.

Tim pemeriksa juga melakukan pemantauan langsung dan berkoordinasi dengan para penjual hewan kurban melalui kunjungan ke lapak-lapak yang menjual hewan kurban. Langkah ini diambil guna memastikan setiap hewan kurban yang dibeli masyarakat telah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan yang ditetapkan. Hewan kurban yang dinyatakan sehat akan diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Surat ini menjadi bukti bahwa hewan tersebut dalam keadaan sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

Dalam hal ketersediaan hewan kurban, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro juga telah menyiapkan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Saat ini, terdapat persediaan hewan kurban sapi sebanyak 28.751 ekor, kambing sebanyak 18.076 ekor, dan domba sebanyak 22.356 ekor. Seluruh hewan ini telah diperiksa dan mempunyai SKKH, serta dipastikan layak konsumsi, layak beli, dan layak kurban”, terang Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, drh. Luthfi Nurrahman, saat dikonfirmasi Rabu (7/6/2023).

Jelang Idul Adha, Disnakkan Bojonegoro Terjunkan Tim untuk Pastikan Kesehatan Hewan Kurban
Jelang Idul Adha, Disnakkan Bojonegoro Terjunkan Tim untuk Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

BACA JUGA : Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Negara Butuh Haluan

Disnakkan, lanjut dia, menyarankan agar proses pemotongan hewan kurban tetap dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Hal ini bertujuan untuk memastikan kebersihan dan keamanan dalam proses pemotongan hewan kurban sehingga dapat menghindari potensi penyebaran penyakit.

Melalui upaya ini, diharapkan ketersediaan hewan kurban yang berkualitas di Kabupaten Bojonegoro tetap terpenuhi. Sehingga masyarakat Bojonegoro dapat mempersiapkan kurban dengan tenang, serta merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H dengan khidmat.


[Redho]

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Ungkapan Rasa Syukur Gus Machbub Kepala Desa Gumelem Kulon Setelah Pengukuhan Jabatan 

BANJARNEGARA-METROPAGINEWS.COM || Kepala Desa se-Kabupaten Banjarnegara semuanya menyambut dengan gembira setelah di kukuhkan masa Jabatannya oleh PJ Bupati Banjarnegara,...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420