Sabtu, Mei 18, 2024

Keselamatan Lalu Lintas

Must Read
OPINI – METROPAGINEWS.COM || Di era globalisasi saat ini sering terjadi peristiwa atau fenomena yang dapat mengganggu aktivitas di lingkungan masyrakat dan menjadi titik acuan bagi semua orang. Hal ini merupakan suatu prilaku yang sangat munguncang dan salah satu sikap ketidak pedulian masyrakat dalam menjalani peraturan.

Khususnya dalam peraturan lalu lintas. Pada saat ini banyak masyrakat atau generasi muda yang tidak peduli dan atau masa bodoh dengan peraturan lalu lintas yang mana mereka tidak menaati atau sering melanggar sehingga terjadi kasus kecelakaan, ketidak nyamanan, kemacetan, menjalin hubungan yang tidak baik dengan masyrakat lain dan sebagainya di lingkungan masyrakat.

Lalu lintas adalah pergerakan kendaraan dan orang di jalan. Lalu lintas ini melibatkan aturan dan elemen-elemen seperti jalan, kendaraan, dan pengendara. Aturan lalu lintas yang dirancang bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di jalan. Setiap peserta lalu lintas memiliki tanggung jawabnya sendiri dalam menjaga keselamatan.

Oleh sebab itu sebagai masyrakat tidak boleh sekali-sekali melanggar peraturan tersebut, karena angka kematian atau kecelakaan saat ini sangat banyak. Pada saat ini polda memberi peraturan yang ketat dan melakukan sosialisasi terkait operasi keselamatan jaya bagi masyrakat. Polda Metro Jaya menyosialisasikan Operasi Keselamatan Jaya 2024 kepada masyarakat di beberapa titik strategis di Jakarta, pada Senin, 4 Februari 2024. Operasi ini disebut untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, mengurangi angka kecelakaan, dan pelanggaran.

TEMPO.CO, Jakarta – Kasi Dikmas Subdit Kamsel Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Heri Amran mengatakan Operasi Keselamatan Jaya 2024 bukan untuk mencari kesalahan pengguna jalan. Operasi tersebut bertujuan mencegah dan menekan angka kecelakaan dan pelanggaran.

“Operasi ini bukan untuk mencari-cari kesalahan, tetapi untuk mencegah dan menekan angka kecelakaan dan pelanggaran,” kata Heri seperti dikutip dalam keterangan tertulis pada Senin, 4 Maret 2024.  Oleh karena itu, Heri meminta semua pihak untuk saling bekerja sama baik pengemudi maupun penumpang karena pelanggaran aturan lalu lintas bisa membahayakan orang lain.  “Kami mengharapkan kerjasama dari semua pihak, baik pengemudi maupun penumpang, untuk mematuhi aturan lalu lintas dan tidak melakukan hal-hal yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain,” kata dia. 
BACA JUGA : Kasus Perampokan di Kedungreja Disidangkan, Tak Ada Saksi yang Meringankan

Hari ini, Polda Metro Jaya menyosialisasikan Operasi Keselamatan Jaya 2024 kepada masyarakat di beberapa titik strategis di Jakarta. Operasi ini digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, mengurangi angka kecelakaan, dan pelanggaran. Heri menyebut salah satu lokasi sosialisasi adalah Terminal Blok M. Dia mengatakan sosialisasi dilakukan dengan memberikan brosur dan imbauan kepada pengemudi dan penumpang angkutan umum.

Selain Terminal Blok M, sosialisasi juga dilakukan di Halte CSW dan Bundaran Senayan. Heri menyebut kedua lokasi ini merupakan kawasan padat lalu lintas di Jakarta.Di dua lokasi itu, petugas membentangkan spanduk yang bertuliskan Operasi Keselamatan Jaya 2024 dan mengimbau pengguna jalan untuk berhati-hati dan tertib di jalan. “Kami mengingatkan kepada pengguna jalan untuk selalu menggunakan helm dan sabuk pengaman, tidak melawan arus, tidak menggunakan handphone saat berkendara, tidak menerobos lampu merah, tidak melanggar marka jalan, dan tidak mengemudi dalam keadaan mabuk,” kata Kompol Heri Amran.

Heri menyebut Operasi Keselamatan Jaya 2024 ini akan berlangsung selama 14 hari. Dimulai pada 4 Maret hingga 17 Maret mendatang. “Kami berharap operasi ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, sehingga mereka lebih sadar dan patuh terhadap aturan lalu lintas. Dengan demikian, kita dapat menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, lancar, dan nyaman bagi semua pengguna jalan,” kata Heri. 

Oleh sebab itu kita sebagai masyrakat atau kalangan muda saat ini harus mematuhi peraturan lalu lintas, karena hal ini merupakan dapat memberi keselamatan nyawa dari kecelakaan dan dapat menciptakan ketertiban dan keamanan yang harmonis.

Oleh karena itu, penting bagi semua peserta lalu lintas untuk memahami aturan dan mengikuti dengan baik. Dengan mematuhi aturan lalu lintas dan saling menghormati sesama pengguna jalan, keselamatan di jalan dapat terjaga dengan baik. Selain itu kita harus menjaga atau menaati peraturan lalu lintas supaya tidak terjadi kecelakaan dan atau terjadi kasus lainnya. Dengan adanya tindakan lanjut dari polda seperti melakukan operasi keselamatan jaya dimasyrakat semoga dapat diselidiki dan merupakan salah satu kebijakan dalam mencegah pelanggaran aturan lalu lintas masyrakat.


Oleh: Melania Nurani
SMAK Seminari St Yohanes Paulus II Labuan Bajo
ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Didi Sungkono Apresiasi Unit PPA Polres Kab.Malang Tahan Pelaku Pemerkosaan

SURABAYA - METROPAGINEWS.COM || Penyidik unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Kabupaten Malang patut diapresiasi atas penahanan pelaku...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420