Selasa, Juni 18, 2024

Don Ara Kian Menuju Wakil Wali Kota Kupang

Must Read

KUPANG – METROPAGINEWS.COM || Don Ara Kian, seorang arsitek dan dosen di Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, muncul sebagai salah satu kader muda potensial yang dipertimbangkan untuk maju sebagai calon Wakil Wali Kota Kupang. 


Kehadirannya sebagai calon potensial tidak hanya menarik perhatian karena latar belakang akademisnya, tetapi juga karena pandangan dan gagasannya mengenai pembangunan kota.

Don Ara Kian berkomitmen untuk melanjutkan dan mengoptimalkan pembangunan ini. Dalam pandangannya, dengan belajar dari sejarah kota Kupang dan kondisi saat ini, dapat diproyeksikan masa depan kota Kupang yang lebih indah dan tertata.

Don Ara Kian menekankan bahwa saat ini, pertumbuhan kota Kupang masih terpusat di kecamatan Kota Lama, Kelapa Lima, Oebobo, dan sebagian Maulafa. Sementara itu, wilayah barat seperti kecamatan Alak ke arah selatan masih berupa kawasan hutan menurut Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Kupang.

 

“Penting untuk memanfaatkan potensi alam berupa bentangan pantai yang panjang dengan menjadikan pantai/laut sebagai beranda kota,” jelasnya.

 

Ia juga menambahkan bahwa dengan kepadatan bangunan yang tinggi di beberapa kecamatan, optimalisasi dan penertiban ruang kota sangat diperlukan.

 

Salah satu gagasan inovatif yang diajukan oleh Don Ara Kian adalah menjadikan kawasan Naioni di kecamatan Alak sebagai kota satelit. Hal ini bertujuan untuk memicu pertumbuhan baru di area tersebut dan menghadirkan sarana prasarana perkotaan sebagaimana yang ada di kota induknya.

 

“Sejalan dengan konsep ini, perlu dipikirkan juga akan hadirnya bandara komersial baru di Naioni,” ujarnya.

 

Selain itu, ia juga mengusulkan sayembara desain landmark Kota Kupang untuk menciptakan ikon kota yang unik dan dikenal luas.

 

Dalam rangka penertiban bangunan dan tata ruang, Don Ara Kian mengusulkan agar setiap kecamatan memiliki satu arsitek yang memiliki Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA). Ini bertujuan untuk mengatur dan mengawasi proses perijinan bangunan gedung (PBG) agar sesuai dengan tata ruang yang telah ditetapkan.

 

Pemenuhan infrastruktur dasar seperti air bersih juga menjadi perhatian Don Ara Kian. Ia mengusulkan pemanfaatan potensi Kali Dendeng dan Kali Liliba dengan membangun bendungan. Selain itu, optimalisasi ruang untuk pelaku sektor informal juga perlu dilakukan agar setiap warga Kupang memiliki hak yang sama dalam menempati ruang kota.

 

Untuk meningkatkan dinamisme kota, Don Ara Kian mendukung peningkatan jalur pejalan kaki dan sepeda sebagai upaya untuk kesehatan warga dan mengurangi ketergantungan pada kendaraan bermotor.

 

Dalam rangka Pilkada Kota Kupang, sebagai bakal calon wakil wali kota, Don Ara Kian menyadari bahwa kewenangannya terbatas. Namun, sumbangan pikirannya ini akan menjadi bagian dari kesepakatan kerja sama antar partai politik terutama dalam menyiapkan visi dan misi.

Dengan berbagai gagasan dan komitmen yang diusungnya, Don Ara Kian menunjukkan potensi besar sebagai calon wakil wali kota yang mampu membawa perubahan positif bagi Kota Kupang.***

Laporan: Alberto

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

FORTE Kota lubuklinggau tidak pernah mengeluarkan surat mandat mendukung H.Rodi Wijaya menjadi Walikota Lubuklinggau.

Lubuklinggau - METROPAGINEWS.COM || 18/06/2024 FORTE Kota Lubuklinggau merupakan organisasi ketua rukun tetangga (RT) sekota lubuklinggau, dilatar belakangi seringnya...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420