Minggu, Juli 21, 2024

FGD Tingkat Kelurahan Melong, Serap Aspirasi Masyarakat Bahas Rencana Pembangunan Tahun 2024

Must Read

CIMAHI – metropaginews.com || Kelurahan Melong menggelar acara Focus Group Discussion (PGD) Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2023 dengan Tema “Pemantapan Stabilitas Perekonomian Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia”, bertempat di Aula Gedung Serba Guna Kelurahan Melong, Jln. melong Sakola No.72, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, kamis (12/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Lurah Melong, Dian Rohimat, S.Sos., M.IP., Kepala Dinas Arsip Daerah Kota Cimahi, Drs. Dani Bastiani merangkap BinWil Kelurahan Melong, Anggota DPRD Kota Cimahi (Dapil III) , H. Supiyardi, S.Pd.I.,M.Si., H. Nafsun, Agung Yudaswara, ST., Sekcam Cimahi Selatan, Cepi Rustiawan, S.Pd., M.M., Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Melong, H. Bambang Setyono, dan para tamu undangan lainnya.

Lurah Melong, Dian Rohimat, S.Sos., M.IP., menerangkan bahwa kegiatan ini sudah diawali dengan kegiatan Rembuk Warga, sehingga pada kegiatan pra musrenbang ini semua perencanaan, masukan serta aspirasi berbasis masalah. Dalam pra Musrenbang 2023 di Kelurahan Melong kali ini adalah membahas 5 bidang perencanaan yang terdiri dari Bidang fisik, Budaya, Sosial, Ekonomi, dan Bidang Pemerintahan.

“Ada 5 bidang skala prioritas pada FGD Pra Musrenbang pada hari ini, yaitu bidang Infrastruktur, Pemerintahan, sosial, ekonomi dan budaya. Adapun aspirasi dari masyarakat adalah salah satunya pengajuan CCTV untuk membantu fasilitas keamanan dan kenyamanan di kelurahan Melong, dengan tujuan untuk meminalisir kerawanan yang terjadi. Kemudian pembangunan drainase, untuk meminalisir dari banjir di musim hujan, juga pengajuan seftitank juga di ajukan,” ucapnya, kepada wartawan usai kegiatan.

“Semua pengajuan tersebut pada hari ini akan di diskusikan dan nantinya akan d musyawarahkan pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2023, yang Kemudian nantinya di bawa ke tingkat kecamatan dan Kota. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, Mudah-Mudahan apa yang di lakukan menjadi amal ibadah kita semua,” Kata Dian.

Ia menambahkan, terkait usulan pengadaan CCTV di lingkungan, jika nantinya terealisasikan, pembagiannya sesuai dengan daerah yang di anggap paling rawan.

“CCTV ini nantinya akan di titikan fokuskan untuk daerah yang rawan dari tindak kejahatan, dengan harapan wilayah di Kelurahan Melong dapat di pasang CCTV guna meminimalisir tindak kriminalitas di lingkungan yang terindikasi rawan kejahatan dan lainnya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Arsip Daerah kota Cimahi, merangkap Binwil Kelurahan Melong, Drs. Dani Bastiani mengatakan bahwa pada kegiatan FGD ini membahas hasil dari Rembuk Warga yang sudah dilaksanakan di 36 RW Kelurahan Melong.

“Pada kali ini kegiatan lebih mengenai tentang kebutuhan dasar masyarakat, artinya harus di kawal tokoh masyarakat dan anggota Dewan, supaya masyarakat bisa menikmati hasil dari apa yang sudah di berikan oleh pemerintah. Perencanaan ini tidak terlepas daripada kebutuhan masyarakat, yang di dukung oleh masyarakat dan delegasi dari masing-masing RW,” katanya.

“Keberencanaan ini tidak akan berhasil tanpa ada dukungan dari rekan-rekan di wilayah, dan juga dukungan dari anggota dewan DPRD kota Cimahi yang mengawal dan mengusung kegiatan perencanaan kedepan. Mari kita dukung program pemerintah Pemkot Cimahi yang sedang berupaya bagaimana kebutuhan masyarakat ini bisa tercapai,” kata Dani Bastiani kepada awak media.

Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Melong, H. Bambang Setyono menyampaikan, bahwa dari 5 skala prioritas pada pembahasan FGD Pra Musrenbang Kelurahan Melong, diantaranya usulan masyarakat terkait pengadaan CCTV di wilayah, serta aspirasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan stunting, Religi, dan lainnya, juga permasalahan penanganan masalah banjir di wilayah kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan kota Cimahi.

“Selain daripada itu, sarana-sarana olahraga di Kelurahan Melong di tiap RW masih kurang. Semoga semuanya dilancarkan, dan apa yang kita programkan hari ini bisa ada realisasinya. Kebetulan pada kesempatan kali ini datang para anggota Dewan Kota Cimahi dari Dapil III, biar nanti akan kita serahkan kepada beliau-beliau untuk mengawal, terkait untuk kegiatan-kegiatan dan usulan-usulan yang ada di Kelurahan Melong,” pungkasnya. (Tedy)

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Diduga Dibunuh Ibu dan Anak Ditemukan Tewas

LAMONGAN-METROPAGINEWS.COM || Warga Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, digegerkan dengan dugaan pembunuhan seorang ibu dan anak yang berusia...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427