Selasa, Juni 18, 2024

Hanura NTT Gelar Uji Kepatuhan dan Kelayakan kepada Calon Kepala Daerah 

Must Read

KUPANG — METROPAGINEWS.COM || Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan uji kepatutan dan kelayakan bagi 50 calon bupati dan wali kota yang akan bersaing dalam Pilkada serentak di kabupaten/kota se-NTT pada tahun 2024. 


Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada Senin, 20 Mei 2024, di Hotel Kristal Kupang dan telah memasuki hari terakhir pada hari ini.

Ketua DPD Hanura NTT, Drs. Refafi Gah, yang dikonfirmasi melalui Sekretaris Elias Koa, menjelaskan bahwa uji kelayakan ini melibatkan penguji dari Universitas Nusa Cendana (Undana) yang berpengalaman di bidang ilmu politik, komunikasi, dan psikologi. Para penguji tersebut antara lain Dr. Fritz O. Fanggidae, Dr. Ahmad Atang, M.Si, Prof. Aloysius Liliweri, MSi, dan Diana Tabun, S.Pd., MS.

Dalam uji kelayakan ini, para calon dinilai berdasarkan kapasitas pribadi mereka, termasuk kemampuan menjalankan pemerintahan, rekam jejak, serta kemampuan mengorganisasikan kelompok seperti tim relawan dan rekrutmen saksi yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS).

Selain itu, para calon juga dinilai mengenai loyalitas mereka terhadap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung oleh Partai Hanura dalam Pilgub NTT pada 27 November 2024 mendatang.

 

Elias menegaskan, hasil uji kelayakan dan kepatutan ini sepenuhnya berada di tangan Ketua Umum DPP Partai Hanura dan akan digunakan sebagai referensi untuk menentukan pasangan calon yang tepat. Dia juga menjamin objektivitas hasil uji ini karena melibatkan para ahli di bidang masing-masing.

 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Ende, Yosep Filmon Wongso, menyatakan bahwa uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan Partai Hanura merupakan langkah luar biasa.

 

“Seluruh calon bupati dan wali kota yang maju lewat Partai Hanura mengikuti uji ini di Kupang, termasuk lima calon kepala daerah yang mendaftar di DPC Ende,” jelasnya.

 

Filmon Wongso juga mengingatkan calon-calon dari Partai Hanura di Ende untuk menjalin komunikasi dengan partai lain guna membentuk koalisi dalam mengusung pasangan calon bupati.

 

Menurut Filmon, sebelumnya, Partai Hanura Kabupaten Ende telah membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati, didukung perolehan kursi di DPRD Kabupaten Ende yang memungkinkan mereka mengusung pasangan dalam Pilkada 2024.

 

Dalam kompetisi Pilkada ini, Filmon Wongso menekankan pentingnya menjalankannya dengan hati yang gembira, meskipun berada dalam satu kompetisi dengan partai atau kandidat lain. Semua pihak berjuang untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Ende.

 

Terkait komunikasi politik dalam membangun lingkungan Pilkada 2024, Filmon Wongso menyatakan bahwa DPC Partai Hanura Ende telah melakukan komunikasi dengan beberapa partai politik di Kabupaten Ende, terutama partai yang memiliki kursi di DPRD Ende.

 

Mengenai apakah Partai Hanura Ende akan menyodorkan kadernya untuk bertarung di Pilkada Ende kali ini, Filmon Wongso mengatakan bahwa hal itu masih dalam pertimbangan partai.***

Reporter : Alberto.

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

FORTE Kota lubuklinggau tidak pernah mengeluarkan surat mandat mendukung H.Rodi Wijaya menjadi Walikota Lubuklinggau.

Lubuklinggau - METROPAGINEWS.COM || 18/06/2024 FORTE Kota Lubuklinggau merupakan organisasi ketua rukun tetangga (RT) sekota lubuklinggau, dilatar belakangi seringnya...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420