Kamis, Juni 13, 2024

Kodam III/Siliwangi Bersama Dispangtan Kota Cimahi Menggelar Vaksinasi PMK Hewan Ternak

Must Read

Cimahi – metropaginews.com || Komando Daerah Militer III/Siliwangi bersama Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, di dampingi Koramil 0908/ Cimahi Tengah, menggelar Vaksinasi hewan ternak kambing dan Sapi di kota Cimahi, Rabu, (21/12/2022).

Pelaksanaan vaksinasi tersebut guna mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi hewan ternak dan mendapatkan vaksinasi secara gratis untuk meringankan beban peternak yang ada di kota Cimahi.

Mayor Arm Kasudiono/Pabanda Wanwi, saat di konfirmasi giat vaksinasi PMK hewan ternak tersebut mengatakan, bahwa kegiatan yang di laksanakan dari Kodam III/Siliwangi yang berkolaborasi dengan Tiem Mobil Pet yang di pimpin langsung oleh Drh. Kania dari universitas Airlangga Surabaya.

“Dari Tiem mobil Pet tersebut untuk membantu wilayah kota dan kabupaten dalam rangka pengejaran vaksinasi terhadap hewan peliharaan kambing dan Sapi, ucap Mayor Arm Kasudiono kepada wartawan.

“Kodam III/ Siliwangi bersama rekan-rekan dari Unair Surabaya turun langsung ke wilayah di Jawa Barat, dan saat ini di kota Cimahi untuk mendukung pemerintah kota Cimahi,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, Kodam III/Siliwangi Bersinergi Dengan beberapa kota yang ada di Jawa Barat, Kodam III Siliwangi langsung mendapat dukungan dari Drh. Kania Putri.

“Dari Tim Mobil Pet ini sudah masuk hari ke 3, karena pada 2 hari kemarin kami melakukan di wilayah kota Bandung, ada 271 ekor hewan ternak, yang terdiri dari sapi dan kambing, 116 Hewan sapi dan kambing 155 ekor,” ungkapnya.

“Pada saat ini di hari ke 3, kami hadir di kota Cimahi, pertama kali yang kami datangi di perternakan H. Ade, ada 17 ekor domba 2 ekor kambing dan 1 ekor Sapi, lalu
Kemudian di peternakan H. Dadang yang berlokasi di kelurahan Cigugur,11 ekor Domba dan satu ekor Sapi dan yang terakhir di Leuwigajah, ada 34 ekor Domba dan 17 sapi, namun sapi tersebut belum di vaksin baru di kasih lebel dulu karena menurut dokter sapi tersebut sedang mengalami setres,” jelasnya.

“Harapan kami dengan vaksinasi PMK hewan ternak ini, dengan tujuan mendukung program pemerintah agar para peternak tidak mempunyai rasa kekhawatiran kepada hewan ternaknya,” Imbuhnya.

Di tempat yang sama, Danramil 0908/ Cimahi Tengah Mayor Inf. Wastra mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi sekali dengan adanya vaksinasi di wilayah kota Cimahi khususnya yang digelar di Cimahi Tengah dan Selatan.

“Kegiatan ini program dari Kodam III/ Siliwangi, yang bersinergi Dengan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) kota Cimahi guna mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Kami dari pihak Koramil 0908/Cimahi Tengah mendampingi kegiatan ini, dari mulai Kelurahan Cigugur, Utama dan Kelurahan Leuwigajah, dan semua hewan ternak sehat dan bagus tidak ada yang terkena penyakit, dan diharapkan mudah-mudahan semua hewan ternak yang ada di kota Cimahi ini menjadi sehat dan tidak terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku,” katanya.

Sementara itu, Drh. Labib petugas dari Dispangtan kota Cimahi menjelaskan, Vaksinasi ternak di kota Cimahi untuk populasi sapi kebanyakan ada di kelurahan Cipageran, untuk sapi perah di kota Cimahi sebanyak 436 ekor sapi, kemudian Hewan Domba ada 2900 ekor, se-kota Cimahi.

“Kelurahan Cipageran ini yang paling banyak peternak sapi dan domba. Untuk vaksinasi ternak di kota Cimahi sudah mencapai 415 ekor, dari bulan Juni 2022 sampai Desember 2022,” Kata Drh. Labib.

“Pada hari ini yang kami berikan bersama Kodam ||| Siliwangi dan Koramil 0908/ Cimahi Tengah
ada 70 Dosis untuk Vaksin dan 17 ekor penandaan,” Kata dia.

“Terkait sapi yang ada di kelurahan Leuwigajah, baru kami berikan penandaan, karena kami melihat ada beberapa gejala stres mungkin di karenakan banyak orang yang datang ke kandang sapi, dan dalam vaksinasi tersebut hewannya harus dalam keadaan tenang. Mungkin minggu depan kami akan melakukan Vaksin ke hewan sapi yang ada di kelurahan Leuwigajah,” pungkasnya.(*)

Reporter :  Rustandi

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Babinsa Koramil 09 Kawunganten Laksanakan Kerja Bakti untuk Ciptakan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat 

CILACAP - METROPAGINEWS..COM || Bati Tuud Koramil 09 Kawunganten, Serma Sodirin bersama anggota melaksanakan pembinaan teritorial (binter) bersama warga...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420