Selasa, Juni 18, 2024

Korem 161/Wira Sakti Kupang Gelar Kuliah Umum di Undana, Tekankan Bela Negara dan Cinta Tanah Air

Must Read

KUPANG — METROPAGINEWS.COM || Korem 161/Wira Sakti Kupang kembali mengadakan kegiatan kuliah umum dengan tema “Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bela Negara dan Cinta Tanah Air serta Perspektif Peran Aktif Pemuda/Mahasiswa,” di Universitas Nusa Cendana (Undana).


Acara yang berlangsung pada Rabu, 5 Juni 2024 ini, dihadiri oleh sejumlah pimpinan Undana, termasuk Wakil Rektor I Prof. Dr. drh. Annytha I.R. Detha, M.Si, Wakil Rektor III Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, dan Wakil Rektor IV Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, serta jajaran TNI dan para mahasiswa.

Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kupang, Kolonel Cpl Simon Petrus Kamlasi, menyatakan bahwa kuliah umum ini sebenarnya telah direncanakan sejak awal masa jabatannya, namun baru bisa direalisasikan sekarang karena berbagai kesibukan.

Oplus_131072

“Kuliah umum ini merupakan bagian dari kegiatan rutin komunikasi sosial, di mana salah satunya adalah menyampaikan materi bela negara dan cinta tanah air serta wawasan kebangsaan,” ujar Kolonel Simon.

Dalam paparannya, Kolonel Simon menjelaskan bahwa kali ini, fokus materi diberikan kepada mahasiswa, khususnya mereka yang terkait dengan bidang pertanian dan keteknikan.
Ia berharap, para mahasiswa dapat mulai mengimplementasikan pengabdian bela negara melalui tindakan kecil seperti menjaga alam dan kebersihan lingkungan.
“Dari hal-hal kecil ini, diharapkan mereka bisa berkontribusi lebih besar, misalnya dalam membangun kekuatan pertahanan, meningkatkan sektor pertanian, dan mendukung program-program pemerintah yang membutuhkan teknologi terapan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Undana, Prof. Dr. drh. Annytha I.R. Detha, M.Si, menyambut baik kegiatan ini dan menekankan bahwa wawasan bela negara adalah landasan dasar yang harus dimiliki oleh semua bidang ilmu.

“Dasar falsafah tentang bela negara ini harus menjadi landasan utama karena ilmu berkembang bagaimana pun tetap tujuannya adalah kepentingan bangsa dan negara,” jelas Prof. Annytha.
Prof. Annytha berharap, para mahasiswa dapat mempelajari lebih banyak tentang wawasan bela negara, tidak hanya dalam konteks militer tetapi juga melalui bidang ilmu yang mereka geluti.

“Mahasiswa bisa mengembangkan bentuk-bentuk kecintaan kita kepada negara melalui bidang ilmu yang kita buat,” pungkasnya.
Kegiatan kuliah umum ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat bela negara di kalangan pemuda dan mahasiswa, serta mendorong mereka untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui bidang keahlian masing-masing.***

Reporter: Alberto L

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

FORTE Kota lubuklinggau tidak pernah mengeluarkan surat mandat mendukung H.Rodi Wijaya menjadi Walikota Lubuklinggau.

Lubuklinggau - METROPAGINEWS.COM || 18/06/2024 FORTE Kota Lubuklinggau merupakan organisasi ketua rukun tetangga (RT) sekota lubuklinggau, dilatar belakangi seringnya...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420