Kamis, April 25, 2024

Musrenbang Kelurahan Setiamanah Prioritaskan Bidang Pembangunan Dan Pemerintahan

Must Read

Cimahi-metropaginews.com || Musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kelurahan Setiamanah,merupakan bagian dari perencanaan partisipatif yang melibatkan seluruh unsur masyarakat sebagai stekolder yang di harapkan dapan menghasilkan usulan program dan kegiatan yang berkualitas dan bersinergi pada perencanaan pembangunan Kota Cimahi tahun 2024, acara berlangsung di Saung Cipas, Jl..Jend Amir Machmud No. 633 Cimahi, Kamis (19/01/2023 ).

Musrenbang tersebut di hadiri, kepala Diskominfo Kota Cimahi, Dinas BPBD Cimahi,Dinkes kota Cimahi, Dinsos kota Cimahi, Disdukcapil Cimahi, Dishub, Disnaker Cimahi, anggota DPRD Davil VI partai PDIP, aparatur Kecamatan Cimahi Tengah, Lurah setiamanah Ratih Dwi Setia Putri S.STP,ketua RW se- kelurahan Setiamanah dan para tamu undangan lainnya.

Sambutan PJ Wali kota Cimahi yang di wakili, kepala Diskominfo Kota Cimahi,Hendra Gunawan S.Sos.,mengatakan, Dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) yang merupakan perencanaan tahun nan kota dapat di gunakan pendekatan,Yaitu

(1) pendekatan tehnokratip, pendekatan yang menggunakan metode dan kerangka ilmiah yang dilaksanakan secara fungsional atau kewilayahan serta sektor dan lintas pelaku.

(2) pendekatan partisipatif yang merupakan penyusunan perencanaan pembangunan dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang di lakukan melalui musrenbang, melalui dialog RW, Musrenbang kelurahan, kemudian musrenbang Kecamatan, lintas batas sehingga musrenbang tingkat kota dapat di laksanakan.

(3) Pendekatan politis yang dilakukan dan dilaksanakan dengan menterjemahkan visi dan misi kepala daerah terpilih nantinya ke dalam dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah yang dibahas bersama DPRD Yang menjadi pedoman dalam penyusunan RKPD.

(4) P endekatan top down dan button up merupakan hasil perencanaan yang diselaraskan dalam musyawarah pembangunan yang dilaksanakan mulai dari kelurahan kecamatan tingkat kota daerah provinsi sehingga nasional,” ucapnya.

Pada awak media Lurah Setiamanah mengatakan,Kelurahan Setiamanah telah melaksanakan Musrenbang partisipatif tahun 2023, yang mengahasilkan 5 bidang yang akan di usulkan,bidang ekonomi, sosial,budaya,fisik dan pemerintahan.

“Di 5 bidang tersebut akan di usulkan kembali di Musrenbang di tingkat Kecamatan Cimahi Tengah,dan di tingkat kota.
Mudah-mudahan apa yang di prioritaskan di kelurahan Setiamanah, bisa terlaksana di tahun 2024.
Yang di prioritaskan Musrenbang tahun ini di bidang fisik, yaitu pembangunan kantor kelurahan Setiamanah.

Kemudian di bidang pemerintahan di usulkan kenaikan insentif bagi lembaga,yang menjadi pemikiran kita bersama di tingkat pemerintahan kota, karena lembaga-lembaga merupakan roda penggerak pemerintahan di tingkat bawah,yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Harapan saya prioritas-prioritas yang kami usulkan akan terlaksana di tahun 2024, yang menjadi harapan masyarakat hususnya di kelurahan Setiamanah,” pungkasnya. (*)

Reporter  : Rustandi

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Pengusaha Lokal Minta Biomassa Sawdust Tetap Milik Desa Bunton, Wlahar, Penggalang, dan Adipala

CILACAP - METROPAGINEWS.COM || Puluhan pengusaha lokal dari Desa Bunton, Wlahar, Penggalang, dan Adipala, Cilacap tetap bersikukuh bahwa biomassa...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420