Minggu, Juli 21, 2024

Perdana di FKIP Undana, Prodi Bimbingan Konseling Raih Akreditasi Unggul

Must Read

KUPANG, METROPAGINEWS.COM || Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc berkesempatan melakukan kunjungan ke Prodi Bimbingan Konseling (BK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dalam rangka memberikan apresiasi atas pencapaian yang telah diraih Prodi BK yakni Akreditasi Unggul.


Kunjungan orang nomor satu Undana tersebut didampingi Wakil Rektor I, Prof. Dr. drh. Annytha I.R. Detha, M.Si, Wakil Rektor II, Dr. Paul G. Tamelan, M.Si, Wakil Rektor III, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, dan Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng.

Hadir pula para pimpinan di lingkup fakultas yakni, Dekan FKIP, Dr. Malkisedek Taneo, M.Si, Wakil Dekan 1, Dr. Moses Kopong Tokan, M.Si, Wakil Dekan ll, Dr. Jakobis J. Messakh, M.Si serta para dosen dan tenaga pendidik pada Prodi BK yang berkesempatan hadir.

BACA JUGA : DPP AMI ; Peredaran dan Penyalahgunaan Narkotika Bentuk Ketidak Profesional dan Kebobrokan Kinerja KALAPAS, KPLP dan KAMTIB Lapas Kelas II B Kota Probolinggo 

Dalam kesempatannya, Rektor Undana Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc mengatakan bahwa akreditasi unggul tersebut mengindikasikan bahwa mereka (para Dosen BK-red) selama ini bekerja dengan sangat baik sehingga yang mereka dapatkan ini melebihi dari standar rata-rata nasional.

Atas pencapaian yang diraih Prodi BK yakni Akreditasi Unggul, pihak universitas memberikan penghargaan dalam bentuk uang yakni sebesar Rp 250.000.000 (Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah). Penghargaan tersebut diberikan untuk meningkatkan indikator kerja pada Prodi BK.

 

Kepada prodi yang belum terakreditasi unggul, Rektor Undana Prof Maxs berharap agar segera melakukan reakreditasi yang tentunya dengan melakukan perbaikan terhadap kualitas tri dharmanya dan sarana prasarana yang ada. “Nah, itulah variabel-variabel yang dipakai sebagai ukuran dalam penilaian akreditasi,“ ungkap Rektor Maxs.

 

Sementara itu, Dekan FKIP Undana Dr. Malkisedek Taneo, M.Si menuturkan bahwa dilingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdapat 20 Program Studi dan Prodi BK yang perdana yang memperoleh Akreditasi Unggul. Akreditasi Unggul, lanjut Dekan FKIP, sesungguhnya menggambarkan terkait dengan pelayanan dan kinerja yang terdapat di dalam program studi maupun fakultas.

BACA JUGA : SAPURA Protes Pelanggaran Hiburan Malam dan Kritik Kinerja Satpol PP

“Dalam akreditasi itu, ada data-data yang sebagian besar ada di program studi dan sebagian ada di fakultas. Data-data inilah dijadikan satu yang akan memberi kontribusi terhadap penilaian akreditasi,“ imbuhnya.

 

Dosen pada Prodi Sejarah Undana ini mengatakan, nilai akreditasi yang diraih Prodi BK tersebut adalah 367, sehingga levelnya ditetapkan sebagai Prodi Akreditasi Unggul. Atas kecapaian yang diraih, pihaknya berharap, Prodi BK yang menjadi satu-satunya yang unggul agar menjadi contoh bagi 19 prodi lainnya di FKIP Undana.

 

Prodi BK yang perdana meraih Akreditasi Unggul di FKIP, pihak fakultas juga memberikan apresiasi. Yang pertama, pihak fakultas memberikan sejumlah biaya untuk pengembangan prodi dalam rangka peningkatan kinerja yakni sebesar Rp 125.000.000 (Seratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah) yang akan dianggarkan pada tahun 2025.

 

Kedua, pihak fakultas juga siap untuk membiayai sebanyak Dua orang dosen dari Prodi BK untuk mengikuti profesi, yang mana biaya perorang sekitar 30 juta rupiah pada tahun ini.

 

Ketiga, pihak fakultas juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa dengan menyediakan anggaran kepada 10 orang mahasiswa untuk magang di luar Provinsi NTT dalam waktu 1 bulan.

BACA JUGA : Buka Masa Orientasi CPNS Angkatan 2024, Kakanwil Harap Terbentuk Karakter PASTI BerAKHLAK

Andriani Paulin Nalle, M.Ed selaku Koordinator Prodi BK mengaku pihaknya sangat berbangga dan senang atas kunjungan para pimpinan universitas yang bertepatan dengan tanggal ‘cantik’ 24/04/2024.

 

Seperti diketahui, Prodi BK FKIP Undana tersebut diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan asesmen lapangan itu dilaksanakan pada tanggal 1–2 Maret 2024 dengan tim asesor yaitu Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd dan Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd., Kons.

 

Pada Selasa 16 April 2024, Prodi BK bersama dengan Pimpinan FKIP dan tim akreditasi dengan penuh suka cita menyambut hasil Akreditasi oleh LAMDIK yang tertuang dalam SK No. 347/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024 dengan Akreditasi “UNGGUL”. Akreditasi ini berlaku mulai dari 17 April 2024 sampai 17 April 2029.***

 

 

Laporan: Alberto

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Dandim 0703/Cilacap Bersama Anggota Koramil 17/Dyh,Peduli Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni di Desa Panulisan Tengah

CILACAP-METROPAGINEWS.COM || Setelah adanya Kisah Pilu Rumah salah seorang Janda yang bernama Ny.Tarwi (65 th ) disalah satu Youtube...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427