Kamis, April 25, 2024

Peringati Hari Bumi 2023, SBI Gelar Ramadan Berbagi dan Tanam Pohon

Must Read

CILACAP – METROPAGINEWS.COM || Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk yang merupakan unit usaha dari SIG, membagikan bingkisan sebanyak 300 paket sembako dan 200 nasi kotak kepada para pekerja operasional serta 136 pekerja pemilah sampah.

SBI memperingati Hari Bumi 2023 dengan menanam pohon. (Foto: Dok PT Solusi Bangun Indonesia Tbk)
SBI memperingati Hari Bumi 2023 dengan menanam pohon. (Foto: Dok PT Solusi Bangun Indonesia Tbk)

BACA JUGA : Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Negara Butuh Haluan

Kegiatan untuk memperingati Hari Bumi 2023 ini berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap dan Cabang Dinas ESDM Wilayah Slamet Selatan.

Kegiatan sekaligus menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1444 H tersebut digelar di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) menjadi RDF (Refuse-Derived Fuel) sebagai bahan bakar alternatif, di Jeruklegi, Selasa (11/4/2023).

Community Relations Manager SBI Dewi Hestyani mengucapkan terimakasih atas dukungan para pemilah sampah, sehingga operasional TPST berjalan lancar. “Pembagian bingkisan Lebaran ini bagian dari kepedulian kami untuk para pemilah sampah yang kami harap akan membantu persiapan mereka menyambut Lebaran yang akan datang,” ucapnya.

Sejak diresmikan tahun 2020, fasilitas TPST Jeruklegi telah beroperasi penuh.

Hadirnya fasilitas pengolahan sampah RDF ini telah mengubah manajemen pengelolaan sampah di Kabupaten Cilacap. Memasuki tahun keempat, TPST mampu mengolah sampah mencapai 160 ton per hari.

SBI memperingati Hari Bumi 2023 dengan menanam pohon. (Foto: Dok PT Solusi Bangun Indonesia Tbk)
SBI memperingati Hari Bumi 2023 dengan menanam pohon. (Foto: Dok PT Solusi Bangun Indonesia Tbk)

BACA JUGA : AKEN Kembali Gelar Pameran Indonesia Sustainable Procurement Expo 2023

Para pemilah sampah menjadi bagian dari beroperasinya fasilitas ini, dan menjadi salah satu pemetik manfaat. Mereka diberi kesempatan untuk memilah sampah yang masih bernilai ekonomis.

Di tempat ini juga diperingati Hari Bumi 2023, ditandai dengan penanaman pohon.

Hadir dalam penanaman pohon ini General Manager SBI Pabrik Cilacap Istifaul Amin, Kepala Cabang Dinas ESDM Wilayah Slamet Selatan Mahendra Dwi Atmoko, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap Sri Murniyati.

Sri Murniyati mengatakan, penanaman pohon ini merupakan bagian dari peringatan Hari Bumi 2023 yang jatuh pada bulan April.

“Menanam pohon adalah menabung untuk masa depan agar lingkungan tetap sehat, dan melestarikan keanekaragaman hayati di sekitar kita, serta untuk menghasilkan oksigen. Kegiatan ini sangat relevan dengan tema Hari Bumi 2023 yaitu Invest in Our Planet,” katanya.

Penanaman pohon diutamakan di lokasi yang lahannya masih kosong, yakni di area masuk TPST.

Diharapkan dengan banyaknya pohon yang ditanam, lingkungan sekitarnya akan menjadi rindang dan indah, serta menambah nilai estetika area TPST secara keseluruhan.

(Estanto)

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Pengusaha Lokal Minta Biomassa Sawdust Tetap Milik Desa Bunton, Wlahar, Penggalang, dan Adipala

CILACAP - METROPAGINEWS.COM || Puluhan pengusaha lokal dari Desa Bunton, Wlahar, Penggalang, dan Adipala, Cilacap tetap bersikukuh bahwa biomassa...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420