Selasa, Juni 18, 2024

Prodi Pendidikan Matematika FKIP Undana Adakan PKM di SDI Oesapa Kecil 1, Kupang

Must Read

KUPANG — METROPAGINEWS.COM || Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana (Undana) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SDI Oesapa Kecil 1, Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi NTT, Selasa 28 Mei 2024.


Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari program kerja Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Matematika.

Untuk diketahui, kegiatan PKM ini berfokus pada pengenalan dan simulasi penggunaan alat peraga matematika kepada masyarakat, khususnya siswa-siswi SDI Oesapa Kecil 1.

Dosen pendamping, Irna Karlina Sensiana Blegur, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut didorong oleh kepedulian HMP Pendidikan Matematika terhadap kesulitan yang dihadapi siswa dalam mempelajari matematika.

“Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk simulasi alat peraga yang dikemas semenarik mungkin agar mudah dipahami, sehingga matematika tidak menjadi momok yang menakutkan, tetapi menjadi pelajaran yang menarik untuk dipelajari,” tegas Blegur.

 

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mendorong partisipasi siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan alat peraga, serta membantu mereka memahami matematika yang sering dianggap sulit.

 

Kegiatan ini akan berlangsung dalam tiga sesi pembelajaran. Pada sesi pertama (kelas 1), akan digunakan manik-manik bilangan, sesi kedua (kelas 2) menggunakan mistar bilangan, dan sesi ketiga (kelas 3) menggunakan papan pecahan.

 

Setiap sesi akan dimulai dengan penyampaian materi dan pengenalan alat peraga yang relevan. Selanjutnya, melalui percobaan, siswa diharapkan dapat memperoleh konsep matematika menggunakan alat peraga tersebut. Setelah semua sesi selesai, akan diadakan permainan “lompat katak” sebagai penutup kegiatan.

 

Dengan kegiatan ini, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Undana berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam membantu siswa-siswi SDI Oesapa Kecil 1 memahami matematika dengan lebih baik dan menjadikannya sebagai pelajaran yang menyenangkan.***

 

Reporter: Alberto L

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

FORTE Kota lubuklinggau tidak pernah mengeluarkan surat mandat mendukung H.Rodi Wijaya menjadi Walikota Lubuklinggau.

Lubuklinggau - METROPAGINEWS.COM || 18/06/2024 FORTE Kota Lubuklinggau merupakan organisasi ketua rukun tetangga (RT) sekota lubuklinggau, dilatar belakangi seringnya...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420