Sabtu, Juni 22, 2024

Rasa Syukur Karena Raih Juara 9 Lomba Wisata Nusantara, Desa Golo Loni Gelar Pesta Rakyat Bertajuk Gebyar Desa Wisata Tahun 2023

Must Read

MANGGARAI TIMUR – METROPAGINEWS.COM || Pemerintah Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pesta rakyat bertajuk Gebyar Desa Wisata Tahun 2023 sebagai ungkapan syukur atas raihan prestasi 9 Besar Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN 2023) yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) baru-baru ini. 

Semarak pesta rakyat Desa Wisata Golo Loni tahun 2023 yang berlangsung pada Sabtu, 2 Desember 2023 itu turut dimeriahkan oleh pertunjukan musik dan tari-tarian dari drum band para siswa/i SMA Cinta Damai Borong. Baik Pemdes maupun masyarakat Golo Loni sangat antusias mengikuti event syukuran tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya, pada 24 November 2023, Desa Wisata Golo Loni mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah pemenang Kategori I LDWN 2023. Piagam dan hadiah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, pada Malam Apresiasi Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 di Desa Senggigi, Lombok Barat, NTB.

“Gebyar Desa Wisata Golo Loni Tahun 2023 ini merupakan syukuran pemerintah desa dan masyarakat atas prestasi 9 besar yang diraih oleh Desa Wisata Golo Loni pada Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kemendes DPTT,” jelas Kedes Golo Loni, Johan Okalung dalam sambutannya pada acara tersebut.

Event tersebut dihadiri oleh Bupati Agas Andreas, Dirut Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina, Politisi PKB Tarsi Syukur, Kepala Dinas PMD Manggarai Timur, Gaspar Nanggar, Kepala BKSDA Provinsi NTT, Pendamping Desa, Pastor Paroki St. Fransiskus Xaverius Maras, Staf Desa Golo Loni, Kelompok Sadar Wisata Desa Golo Loni, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan sejumlah undangan lainnya.

Bupati Agas Andreas dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan kepada pemerintah Desa Golo Loni guna mewujudkan program-program dan cita-cita pembangunan menuju Desa mandiri demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa ada dukungan dari orang lain. Demikian juga Desa Golo Loni sudah sampai pada tahap luar biasa seperti ini. Masuk daftar 9 besar lomba desa wisata nusantara tahun 2023 itu merupakan capaian luar biasa. Prestasi ini tentunya karena dukungan dari semua pihak. Selamat kepada masyarakat dan pemerintah desa Golo Loni,” ungkap Bupati Agas.

“Saya meminta kepada masyarakat Desa Golo Loni, ini merupakan peluang, potensi, dan kesempatan untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat di Golo Loni ini. Oleh karena itu masyarakat harus mendukung dan memanfaatkan peluang ini. Kita jaga alam di desa Golo Loni agar tetap indah,” ungkap Bupati.

Rasa Syukur Karena Raih Juara 9 Lomba Wisata  Nusantara, Desa Golo Loni Gelar  Pesta Rakyat Bertajuk Gebyar Desa Wisata  Tahun 2023
Rasa Syukur Karena Raih Juara 9 Lomba Wisata Nusantara, Desa Golo Loni Gelar Pesta Rakyat Bertajuk Gebyar Desa Wisata Tahun 2023

“Pak Kades Golo Loni jangan berputus asa. Sebab jadi pemimpin itu tidak bisa memuaskan semua orang. Sepanjang niat kita baik, niat kita itu tulus maka lanjutkan perbuatan,” imbuh Bupati Agas.

Bupati Agas juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada masyarakat dan Pemdes Golo Loni karena telah bekerja dengan baik dalam mendukung kemajuan daerah dari sektor pariwisata.

“Terima kasih Kepada Desa Wisata Golo Loni. Semoga desa ini semakin maju dan menjadi lebih baik lagi kedepannya,” ucap Bupati.

BACA JUGA : Kasus Perampokan di Kedungreja Disidangkan, Tak Ada Saksi yang Meringankan

Senada dengan Bupati, Dirut BPOLBF Shana Fatina juga memberikan ucapan selamat kepada masyarakat, Pokdarwis, BUMDes, Pemdes Golo Loni, serta Pemda Manggarai Timur atas prestasi 9 besar yang diraih oleh Desa Wisata Golo Loni pada LDWN 2023 yang diselenggarakan Kemendes PDTT.

“Kami sangat senang dengan Desa Golo Loni, tidak hanya pemerintah desa-nya saja tetapi juga kami melihat masyarakat Desa Golo Loni juga sangat antusias dan juga hari ada teman-teman dari BKSDA. Desa Wisata ini termasuk sangat cepat perkembangannya. Jadi selamat untuk Golo Loni, selamat untuk Bapak Bupati,” ungkap Shana saat ditemui usai acara tersebut.

Rasa Syukur Karena Raih Juara 9 Lomba Wisata  Nusantara, Desa Golo Loni Gelar  Pesta Rakyat Bertajuk Gebyar Desa Wisata  Tahun 2023
Rasa Syukur Karena Raih Juara 9 Lomba Wisata Nusantara, Desa Golo Loni Gelar Pesta Rakyat Bertajuk Gebyar Desa Wisata Tahun 2023

“Setiap kali kami datang, selalu ada hal yang baru. Mereka tidak hanya mendiskusikan ide tetapi mengeksekusinya,” tambahnya.

Shana berharap pemerintah Desa Wisata Golo Loni perlu mengorganisir paket-paket wisata dan atraksi wisata secara maksimal lagi dalam rangka menyambut lonjakan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata super premium Labuan Bajo tahun 2024 mendatang.

“Sehingga kedepannya, kami berharap Desa Golo Loni bisa masuk kerjasama dengan travel agent and tour operator karena tahun depan kita mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Labuan Bajo dan mereka dilempar harus ke wilayah tengah,” terang Shana.

“Harapan kedepannya Desa Wisata Golo Loni tidak hanya menerima wisatawan lokal tetapi juga siap menerima wisatawan mancanegara. Karena itu mereka harus mampu mengorganisir paket-paket wisata dengan baik, termasuk atraksi wisatanya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, secara simbolis, Dirut BPOLBF juga menyerahkan bantuan berupa perangkat telekomunikasi Handy Talkie (HT) sebanyak 10 unit untuk Kelompok Sadar Wisata Tunas Harapan Desa Wisata Golo Loni.

Shana berharap perangkat telekomunikasi Handy Talkie bantuan dari BPOPLBF bisa menjadi solusi atas masalah keterbatasan jaringan internet di kawasan Agrowisata Golo Loni serta memudahkan Pokdarwis dalam memberi pelayanan terbaik kepada wisatawan.

Selanjutnya, masih dalam rangkaian acara yang sama, Bupati Agas didampingi oleh Dirut BPOLBF Shana Fatina, dan Politisi PKB Tarsi Syukur diberi kesempatan untuk melakukan launching perdana kawasan Agrowisata Desa Golo Loni.

Pemdes Golo Loni juga menandatangani nota kesepahaman atau MoU bersama dengan SMK Cinta Damai Borong untuk kerjasama peningkatan bidang Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pelatihan pengelolaan kuliner pangan lokal.*

(Ardi)

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Dugaan Penyaluran KUR dengan SKU Fiktif Masih Dalam Tahap Pengumpulan Data dan Keterangan

MALANG - METROPAGINEWS.COM || Penyaluran Kredit Usaha Rakyat( KUR ) di Desa Jenggolo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang yang diduga...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420