Kamis, Juni 13, 2024

Selain di Polda NTT, Wabup Malaka Akan Laporkan 2 Media Online ke Dewan Pers

Must Read

KUPANG – METROPAGINEWS.COM || Wakil Bupati Kabupaten Malaka, Louise Lucky Taolin, S.Sos didampingi kuasa hukumnya, Melkianus Seran resmi melaporkan Dua (2) media online diantaranya, Okenarasi.com dan KabarNTT.com di Polda NTT. selain itu akan melaporkan dua media tersebut juga ke Dewan Pers.

Pasalnya, dua media online tersebut diduga menyebarkan berita hoaks terkait Istri Wakil Bupati Malaka.

Pantauan media ini, Wakil Bupati Malaka yang didampingi kuasa hukumnya tiba di Mapolda NTT (26/05/2023) sekitar 14:20 Wita. Setibanya di Mapolda NTT, Wabup Malaka langsung menuju sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT).

“Kami sudah masukan surat ke Polda NTT. Dalam minggu ini, kami akan ke Jakarta untuk melaporkan 2 media online itu ke Dewan Pers,” jelas Wabup Malaka kepada wartawan.

Dijelaskan dia bahwa, surat pengaduan tersebut masih berproses di Polda NTT karena masih menunggu disposisi.

Selain di Polda NTT, Wabup Malaka Akan Laporkan 2 Media Online ke Dewan Pers
Wakil Bupati Kabupaten Malaka, Louise Lukcy Taolin, S.Sos gandeng kuasa hukumnya, Melkianus Contarius Seran, SH.,MH saat memberikan keterangan Pers di Kupang, NTT (Foto: Alberto Metropaginews.com)

Disebutkan Wabup Kim Taolin jika dirinya mengalami kerugian akibat dari pemberitaan tersebut, “Kita serahkan sepenuhnya ke pihak berwajib silahkan berproses. Saya dirugikan dalam banyak hal. Jabatan saya sebagai Wabup Malaka dan saya sebagai Ketua DPC PKB Malaka,” tandasnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan jika sekarang menjelang situasi politik. Secara politik saya juga dirugikan, kata Kim Taolin.

Selain itu menurutnya secara pribadi juga dirugikan, “Keluarga rumah tangga saya dirugikan. Kalau soal kerja pers saya sangat hormati tapi ini sudah menyerang privasi saya,” pungkasnya.

“Semua orang tentu sama di mata hukum. Dan Ia mengklaim langkah hukum ini bukan untuk mengkriminalisasi pers dan menghalangi kemerdekaan pers. Tetapi ada prinsip keadilan yang harus dicarinya selaku Wakil Bupati Malaka,” bebernya.

“Saya hormati benar posisi kawan kawan wartawan terutama jurnalis, Sebab profesi ini adalah profesi mulia, yang tentu dalam menjalankannya ada prinsip dan aturan yang wajib ditaati terutama mengenai UU Pers No. 40 Tahun 1999 dan kode etik. Artinya dalam menjalankan tugas, pers harus memiliki fakta yang akurat serta narasumber yang jelas,” ucap Kim Taolin.

BACA JUGA : Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Negara Butuh Haluan

Menurutnya, prinsip itu tidak dijalankan dengan benar, di mana narasumber tidak jelas. Isu yang diangkat pun ia nilai tidak benar.

“Saya tidak diberikan kesempatan untuk melakukan klarifikasi. Saya dimintai tanggapan entah posisi CB selaku wartawan atau adik yang hanya menyapa lewat WhatsApp setelah berita diterbitkan,” tegasnya.

“Bagaimana setelah berita terbit, saya dimintai komentar? Di mana prinsip adil dan berimbang dalam metode penulisan berita? Jujur sebagai manusia dan pejabat publik di mana jabatan saya dipakai dalam judul berita membuat saya pribadi dan keluarga malu. Selain keluarga, karier politik saya tentu mengalami dinamika yang cukup alot di para pendukung saya. Maklum ini tahun politik tentu saya merasa dirugikan atas ini. Kalau mau membunuh saya dengan isu ini, terlalu murah dan naif. mari kita bertarung secara politik dengan adil dan santun,” ujarnya.

Dijelaskannya lagi, kedua media online tersebut tidak pernah melakukan konfirmasi dan cross check atas pemberitaan, serta telah menjustifikasi dalam narasi dengan judul berita yang terbit minggu 21 Mei 2023, dengan judul berita” Gegara Dugaan Selingkuh! Wakil Bupati Malaka Diduga Aniaya Istrinya” tayang di Okenarasi.com Sementara, Kabarntt.com dengan judul “Wajah Istri Memar! Diduga Wakil Bupati Malaka Lakukan Itu Karena Selingkuh.” Yang dimana pemberitaan dimaksud dinilai telah merugikan keluarganya dan jelas-jelas melanggar Pasal 1, Pasal 2 dan Pasal 3 KEJ, yakni narasumber berita tidak jelas/tidak kredibel, dan atau tidak berimbang/tidak uji informasi.

Selain di Polda NTT, Wabup Malaka Akan Laporkan 2 Media Online ke Dewan Pers
Wakil Bupati Kabupaten Malaka, Louise Lukcy Taolin, S.Sos gandeng kuasa hukumnya, Melkianus Contarius Seran, SH.,MH saat memberikan keterangan Pers di Kupang, NTT (Foto: Alberto Metropaginews.com)

Ditempat yang sama, Kuasa hukum Wabup Kim Taolin, Melkianus Contterius Seran menjelaskan bahwa proses yang akan ditempuh selain laporan ke Polda NTT adalah ke Dewan Pers.

Lebih lanjut, Melkianus Contarius Seran mengatakan jika upaya tersebut akan dilakukan karena kliennya menduga dua media tersebut melakukan pemberitaan sepihak dan terkesan menyudutkan dan membuat kliennya sangat dirugikan.

“Dua media tersebut tidak pernah meminta klarifikasi ataupun hak jawab kepada klien saya sebelum berita tersebut tayang. Justru beritanya sudah di tayang baru Redaksi Okenarasi lakukan konfirmasi. Sementara Kabarntt.com sama sekali tidak lakukan konfirmasi,” jelasnya.

“Jelas klien kami tidak terima terkait pemberitaan-pemberitaan yang telah beredar tersebut, disebabkan pemberitaan yang diterbitkan tidak pernah di konfirmasi kepada klien kami. Selain itu, narasi dan isi dari pemberitaan tersebut tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya,” tegasnya.

Menurutnya, surat pengaduan masih berproses di Polda NTT karena masih harus menunggu disposisi. “Hari ini Kita masukan surat pengaduan ke Polda dan dalam minggu ini kita ke Jakarta untuk laporkan ke Dewan Pers,” katanya.

 

(Alberto)

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Babinsa Koramil 09 Kawunganten Laksanakan Kerja Bakti untuk Ciptakan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat 

CILACAP - METROPAGINEWS..COM || Bati Tuud Koramil 09 Kawunganten, Serma Sodirin bersama anggota melaksanakan pembinaan teritorial (binter) bersama warga...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420