Kamis, Juni 13, 2024

Serap Aspirasi Masyarakat, Kecamatan Cimahi Selatan Gelar FGD Pra Musrenbang

Must Read

Cimahi – metropaginews.com || Focus Group Discussion (FGD), Musyawarah Perencanaan Pembangunan,(Musrenbang) yang di selenggarakan Kecamatan Cimahi Selatan, Tahun 2023, sebelumnya telah di laksanakan musrenbang di masing -masing kelurahan, dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas atau bottom-up planning.

Pelaksanaan FGD Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2024 Tingkat Kecamatan,yang di selenggarakan di Aula kantor Kecamatan Cimahi Selatan, Jl. Baros No. 14 kota Cimahi, Rabu (25/01/2023 ).

Acara di hadir, Bapelitbangda Kota Cimahi, Asisten pemerintahan dan kesra kota Cimahi, seketaris DPRD, Dinas pendidikan, Dinas kesehatan, Dinas pekerjaan umum dan penataan Ruang, Dinas Perumahan dan kawasan pemukiman, Dinas Arsip Daerah, Camat Cimahi Selatan, lurah Se-kecamatan Cimahi Selatan, para ketua LPM se-Cimahi Selatan, para ketua RW, Ketua MUI Cimahi Selatan, dan para tamu undangan lainnya.

Saat di wawancara media Camat Cimahi Selatan, Asep Jayadi, mengatakan FGD musrenbang di tingkat kecamatan Cimahi, ini hasil dari musrembang di 5 kelurahan yang ada di Cimahi Selatan, dari masing-masing Kelurahan sudah mendelegasikan dari tiap-tiap Kelurahan kemudian di tampung aspirasi nya di FGD musrenbang tingkat kecamatan Cimahi Selatan.

“Semua yang di usulkan dari masing-masing kelurahan mudah-mudahan bisa terakomodir, dan berharap yang betul-betul beraspirasi jangan mementingkan sekelompok orang, karena ini untuk kebaikan masyarakat khususnya di kecamatan Cimahi Selatan.
Sektor di 5 bidang akan di sampaikan dan yang mana yang menjadi prioritas dan ini juga masih dalam proses, dan kemudian di musrembang tingkat kecamatan Cimahi Selatan akan di sampaikan.
Kami dari pihak pemerintah sama sama akan mendorong semua program pemerintah sama-sama mengharapkan bagi masyarakat kota Cimahi,” ucapnya.

Di tempat yang sama Asisten ekonomi dan pembangunan Kota Cimahi selaku Binwil Budi Raharja, memaparkan, kegiatan musrenbang ini kegiatan yang rutin di setiap tahun, dalam rangka penyusunan perencanaan untuk tahun 2024.

“Di tahun 2024 merupakan tahun ke dua dari rencana pembangunan daerah Cimahi yang di atur dalam pelaturan Wali kota tentang rencana pembangunan daerah, masa transisi dari tahun 2023 sampai 2026.

Tema di tahun 2024 masih pokus kepada maslah ekonomi dan penguatan sumber daya manusia, dengan adanya isu di tahun 2023 akan terjadi krisis ekonomi global, mudah-mudahan di kita tidak terjadi,” katanya.

“Tema ini ada 14 pioritas, mudah-mudahan menjadi acuan pada saat diskusi di Setiap kelurahan dan di tingkat kecamatan.
Dari 14 tersebut,
1.meningkatkan kualitas pendidikan,
2. Peningkatan kualitas kesehatan.
3. Peningkatan kualitas perlindungan dan pelayanan sosial.
4. Peningkatan kapasitas dalam penanggulangan Bencana.
5.peningkatan tata kelola pemerintahan dan inovasi pelayanan publik.
6. pasilitasi pemilu serentak.
7.peningkatan iklim investasi.
8. Peningkatan daya beli masyarakat.
9. Peningkatan daya saing pelaku usaha ekonomi dan produk lokal.
10. Menjaga ketahanan pangan daerah
11. Penyerapan tenaga kerj.
12. Adaptasi dan mitigasi perubahan iklim
13. Pengembangan dan peningkatan aksibilitas kawasan strategis kota.
14. Pemenuhan inpartruktur pelayanan dasar Perumahan dan kawasan permukiman.
Ini Semu yang menjadi prioritas di kota Cimahi,” tutupnya.(*)

Reporter : Rustandi

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Babinsa Koramil 09 Kawunganten Laksanakan Kerja Bakti untuk Ciptakan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat 

CILACAP - METROPAGINEWS..COM || Bati Tuud Koramil 09 Kawunganten, Serma Sodirin bersama anggota melaksanakan pembinaan teritorial (binter) bersama warga...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420