Sabtu, Juni 22, 2024

Sondir Test di Lapang Poral Untuk Reservoir dan JDU SPAM SINUMBRA, Begini Penjelasan DPKP Kota Cimahi

Must Read

CIMAHI – metropaginews.com || Sondir Test atau pengerjaan pengambilan tanah sample untuk Pekerjaan Perencanaan Pembangunan Reservoir dan JDU SPAM SINUMBRA kota Cimahi yang dicanangkan akan dibangun pada tahun 2025 tersebut dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) kota Cimahi. Sondir Test tersebut dilaksanakan di titik I yang berlokasi di lapangan Poral, Jl. Kihapit Barat, kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan kota Cimahi, Senin (21/11/2022).

Pengerjaan Sondir test tersebut diperuntukkan untuk sampling tanah yang bertujuan mengambil data untuk perencanaan DED, JDU SPAM SINUMBRA kota Cimahi dalam pencanangan program pemerintah kota Cimahi dalam pembangunan penyimpanan air bersih.

Tampak hadir dalam pelaksanaan Sondir Test tersebut, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) kota Cimahi ; Amy Pringgo Mardhani, Lurah Leuwigajah; Agus Lukman Hadiansyah, Danramil 0908/Cimahi Tengah; Mayor Inf. Wastra, Babinsa Kelurahan Leuwigajah; Serka Lesmana, Babinsa Kelurahan Utama; Serka Agus Julianto, dan Ketua RT 08/09; Ucen, serta jajaran dari DPKP kota Cimahi.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana DPKP kota Cimahi, Amy Pringgo Mardhani menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan adalah Sondir test, yang bertujuan mengambil data, untuk perencanaan DED, JDU SPAM SINUMBRA, yaitu pengambilan sample tanah yang dalam hal ini untuk perencanaan bangunan Reservoir atau pengelolaan air bersih di wilayah Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan.

“Kami bekerjasama dengan Kabupaten Bandung yang mempunyai mata air, yang kemudian akan disalurkan ke kota Cimahi, lalu di tampung sementara di reservoir ini, dan di salurkan ke masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya, kepada wartawan di lokasi Sondir test lapangan Poral.

Amy mengungkapkan, program ini adalah salah satu upaya pemerintah kota Cimahi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kekurangan air bersih, dan pembangunannya sendiri direncanakan akan direalisasikan pada tahun 2025 mendatang.

“Karena ini kebutuhan masyarakat, setelah kami telusuri masyarakat di Cimahi Selatan khususnya di kelurahan Leuwigajah, kebutuhan air bersih masih kurang. Dan
Ini salah satu upaya untuk memenuhi masyarakat yang kekurangan air bersih,” tuturnya.

“Di Kota Cimahi ini dalam pengambilan air yang dalam sudah tidak memungkinkan dan kurang maksimal di karenakan Cimahi zona kritisi. Salah satunya pemanfaatan mata air dari daerah lain, lalu di tempat ini nantinya hanya untuk penampungan saja,” Imbuhnya.

Ditempat yang sama, Lurah Leuwigajah, Agus Lukman Hadiansyah mengatakan, bahwa sebelum pengambilan sample atau Sondir Test yang dilaksanakan oleh DPKP kota Cimahi pada hari ini sudah ada sosialisasi, yaitu mengenai proyek SINUMBRA yang di gagas dan akan di bangun pada tahun 2025 mendatang oleh pemerintah Kota Cimahi,

“Kalau di ijinkan oleh warga sekitar dan tidak ada penolakan, mudah-mudahan ini menjadi kebaikan terutama bagi warga RW 09 kelurahan Leuwigajah,” ujarnya.

Ia menegaskan, bahwa apa yang dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) kota Cimahi ini adalah hanya untuk pengambilan sample tanah untuk mengambil data untuk kepentingan perencanaan DED, JDU SINUMBRA kota Cimahi. Sondir test ini bertujuan untuk mendapatkan data sample yang akan di kaji untuk uji kelayakannya.

“Terkait informasi
bahwa warga menolak pembangunan reservoir dan JDU SPAM SINUMBRA ini, saya kira disini mungkin hanya miskomunikasi saja dan terkesan masih menolak dengan adanya pembangunan ini. Bentuk penolakan tersebut
dibuktikan di surat bersama yang di buat sama warga, yang dalam suratnya menolak dalam pembangunan reservoir ini,” ungkapnya.

“Dari pihak pemerintah, nanti akan di kaji kembali seperti apa penolakan warga tersebut, mungkin bisa disebabkan informasi yang disampaikan terkait rencana pembangunan penampungan sarana air bersih ini tidak baik atau bagaimana, nanti akan di kaji dan di musyawarahkan,” katanya.

Selain itu, Ketua RT 08 RW 09, Ucen, pada saat dikonfirmasi di lokasi sondir test tersebut menyampaikan, bahwa dirinya hanya menjadi saksi saja dalam pelaksanaan Sondir test di tersebut, karena sondir test titik 1 yang dilakukan DPKP kota Cimahi berada di wilayah RT 08 RW 09 kelurahan Leuwigajah.

“Saya disini hanya menyaksikan saja bahwa di sini ada kegiatan pengambilan sample tanah/sondir test yang dilaksanakan oleh pihak DPKP kota Cimahi.
Kalau untuk selanjutnya kami tidak tahu seperti apa, karena kami juga harus musyawarah dulu bersama warga RT 08, dan dalam hal ini saya tidak bisa memutuskan iya dan tidaknya, disini saya hanya menjadi saksi saja,” pungkasnya. (Tedy/Rus) **

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Ungkapan Rasa Syukur Gus Machbub Kepala Desa Gumelem Kulon Setelah Pengukuhan Jabatan 

BANJARNEGARA-METROPAGINEWS.COM || Kepala Desa se-Kabupaten Banjarnegara semuanya menyambut dengan gembira setelah di kukuhkan masa Jabatannya oleh PJ Bupati Banjarnegara,...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420