Selasa, Juni 18, 2024

Vivin Kembali Pimpin Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna Cilacap

Must Read

CILACAP – METROPAGINEWS.COM || Ajang pemilihan ketua asosiasi Perusahaan penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Cahaya Fortuna, Kabupaten Cilacap akhirnya memilih Vivin Eka Budi Wahyono untuk kembali memimpin asosiasi tersebut.

Vivin unggul 30 suara dibanding rivalnya, Mukiman yang hanya meraih 18 suara. Dengan demikian Vivin berhak memimpin Asosiasi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia “Cahaya Fortuna” Cilacap untuk periode 2023 hingga 2027.

Rapat pemilihan ketua asosiasi menyepakati 2 kandidat yaitu incumbent Vivin Eka Budi Wahyono dan Mukiman.

Rapat dilaksanakan di salah satu hotel di Cilacap dengan sistem anggota mencoblos calon.

Vivin Kembali Pimpin Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna Cilacap
Pemilihan Ketua Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna Cilacap. (Foto: Estanto Prima Yuniarto)

Dan diperoleh hasil, untuk Vivin unggul 30 suara, sedangkan Mukiman memperoleh 18 suara, sehingga Ketua Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna Cilacap periode 2023-2027 kembali dijabat Vivin Eka Budi Wahyono.

Suharto selaku ketua panitia mengatakan, hari ini kita melaksanakan pemilihan ketua asosiasi P3MI “Cahaya Fortuna” Cilacap untuk periode tahun 2023-2027. “Pemilih merupakan anggota yang sesuai. Kita undang kepala cabang yang sudah resmi dan ber-OSS. Ada juga teman-teman cabang yang masih dalam proses OSS, itu jumlahnya sekitar 50,” kata Suharto.

Ia menjelaskan, tugas panitia yaitu melakukan penjaringan melalui aspirasi partisipasi anggota dan menunjuk 1 hingga 3 orang.

Pada awal penjaringan muncul 15 nama kandidat calon ketua, dan tugas panitia adalah menyempurnakan, melakukan evaluasi, kemudian verifikasi, dan menanyakan tentang kesanggupan serta kesiapannya terkait kompetensi mereka.

Akhirnya, imbuh Suharto, dikerucutkan. “Kita bersama-sama panitia bertemu dengan ketua, sekretaris, dan bendahara (KSB) asosiasi. Pertemuan tersebut menghasilkan dua nama kandidat calon ketua yaitu Vivin Eka Budi Cahyono dan Mukiman.

“Hari ini, perhelatan ini kami laksanakan, dan di dalam sedang dilakukan pemilihan,” kata Suharto lagi.

Vivin Kembali Pimpin Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna Cilacap
Pemilihan Ketua Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna Cilacap. (Foto: Estanto Prima Yuniarto)

BACA JUGA : Kasus Perampokan di Kedungreja Disidangkan, Tak Ada Saksi yang Meringankan

Ditanya kinerja asosiasi, Suharto menyatakan, bahwa tahun 2019-2021 kemarin asosiasi tiarap karena adanya Covid-19. Tahun 2022 ada info peraturan baru No 9 tahun 2020 terkait masalah ketentuan penempatan TKI keluar negeri harus menggunakan zero cost.

“Inipun menjadikan sesuatu yang sangat luar biasa buat teman-teman P3MI, tentunya menjadi hambatan, sehingga masih belum bekerja secara optimal,” tandasnya.

Ketua terpilih, Vivin Eka Budi Cahyono mengatakan bahwa program ke depan, pihaknya akan melanjutkan program-program yang belum dilaksanakan terutama tentang proses CPMI yang unprosedural.

“Itu program utama saya. Kemudian kita sosialisasi ke desa-desa, dan kita akan menggandeng ketua Apdesi untuk koordinasi di mana kantong-kantong CPMI,” katanya.

Ia menambahkan, kita akan edukasi, kita sosialisasikan agar proses unprosedural itu akan hilang secara alami dengan sendirinya.

“Kalau kita akan memberantas lewat kejadian-kejadian itu akan terus-menerus terulang. Tapi kalau kita mengedukasi ke masyarakat, maka masyarakat akan tahu mana yang uprosedural mana yang prosedural. Maka mereka pasti akan memilih yang prosedural,” tegasnya.

Vivin Kembali Pimpin Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna Cilacap
Vivin Kembali Pimpin Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna Cilacap

Kemudian pihaknya akan berkoordinasi atau komunikasi dengan pihak-pihak terkait, seperti P2MI, Kemnaker atau Disnakerin Kabupaten Cilacap.

“Apa yang menjadi kendala permasalahan P3MI kita bisa atasi, kita bisa pertimbangkan. Proses pelayanan yang ribet atau proses birokrasinya, sehingga lebih nyaman lebih singkat dan lebih cepat untuk proses CPMI terutama dokumen,” ungkap Vivin.

“Terakhir adalah sosial masyarakat, kata Vivin, yakni kita mengedepankan sosial, seperti donor darah, bhakti sosial atau CSR yang akan kita kedepankan. Kami mohon doa agar dalam 4 tahun ke depan saya pimpin asosiasi bisa terlaksana semuanya,” imbuhnya.

Tenyang rival dalam pemilihan, Vivin menyatakan bahwa pihaknya memegang prinsip yang namanya rival atau namanya persaingan itu pasti ada dalam kompetisi. “Ada menang ada kalah, tapi prinsip saya apa yang menjadi rival saya bukan kita jauhkan, tetapi kita komunikasikan, namun tidak masuk dalam pengurus. Dia hanya sebagai penyeimbang. Kalau kita bicara secara dunia politik, pasti seperti itu. Mereka bisa jadi oposisi apa yang menjadi program kami, perlu ada kritikan. Itu namanya penyeimbang atau pewarna. Kita tidak anti kritik. Semua yang saya lakukan pasti penuh kritik nantinya. Dan itulah yang saya bilang kalau itu rival. Saya harus ada cambukan agar semua program kami jalan,” pungkasnya.


(Estanto)

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

FORTE Kota lubuklinggau tidak pernah mengeluarkan surat mandat mendukung H.Rodi Wijaya menjadi Walikota Lubuklinggau.

Lubuklinggau - METROPAGINEWS.COM || 18/06/2024 FORTE Kota Lubuklinggau merupakan organisasi ketua rukun tetangga (RT) sekota lubuklinggau, dilatar belakangi seringnya...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420