Minggu, Juli 21, 2024

Wali Kota Eri Cahyadi Serahkan Beasiswa kepada 2.700 Mahasiswa

Must Read
SURABAYA – METROPAGINEWS.COM || Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyerahkan secara simbolis beasiswa mahasiswa Pemuda Tangguh Surabaya di Graha YKP Surabaya, Sabtu (18/11/2023). Hadir dalam acara itu sebanyak 2.700 penerima beasiswa mahasiswa Pemuda Tangguh yang berasal dari berbagai universitas yang telah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri membakar semangat para pemuda atau para mahasiswa itu. Mereka diminta untuk membantu kampungnya masing-masing. Selama ini, mereka memang sudah terlibat dan sudah menjadi mentor dalam sinau bareng dan ngaji bareng di balai RW mereka masing-masing.

“Saya ingin pemuda-pemuda tangguh ini menjadi agen perubahan di setiap RW-nya. Saya ingin pemuda tangguh ini semakin dekat dengan warganya, karena saya yakin pemuda tangguh inilah yang akan menjadi pemimpin di tahun 2045,” tegas Wali Kota Eri.

Selain itu, Wali Kota Eri juga meminta mereka untuk terus memiliki mental baja dan tidak pernah minder dalam hal apapun. Sebab, mereka yang menerima beasiswa pemuda tangguh itu adalah orang-orang yang luar biasa dan orang-orang yang berprestasi. “Jangan pernah minder dan jangan pernah putus asa. Ayo bangun Surabaya ini dengan kekuatan para pemudanya,” katanya.

Seusai acara, Wali Kota Eri juga menegaskan bahwa para pemuda penerima beasiswa ini harus terus semangat dalam menggapai cita-citanya. Ia juga sempat menceritakan kisah perjalanan hidupnya yang berasal dari keluar sederhana di kampung Kedung Tarukan dengan gang yang sangat sempit.

“Saya juga pernah jualan beras dulu, saya juga pernah jualan alat-alat kesehatan dulu, saya juga pernah jualan kambil dulu. Namun, siapa sangka bisa menjadi Wali Kota Surabaya?. Jadi, Allah tidak pernah melihat orang itu bisa menjadi pemimpin hanya karena masa lalunya, hanya karena orang kaya atau miskinnya, tapi insyaallah karena akhlak yang bagus dan berjuang untuk kepentingan umat, pasti itu akan jadi pemimpin, berarti kesempatan untuk menjadi pemimpin sangat terbuka lebar,” ujarnya.
BACA JUGA : Kasus Perampokan di Kedungreja Disidangkan, Tak Ada Saksi yang Meringankan

Oleh karena itu, ia mengakui ke depannya akan mengambil lima pemuda, baik yang berasal dari penerima beasiswa pemuda tangguh atau yang berasal dari karang taruna untuk mendampingi. Mereka nanti akan berbicara soal kemiskinan dan berbagai hal yang ada di Surabaya, mereka juga akan turun ke bawah nutuk menyerap aspirasi para pemuda.

“Jadi, saya ingin menyiapkan para pemuda Surabaya untuk siap menjadi pemimpin di tahun 2045,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan yang hadir dalam pertemuan itu sebanyak 2.700 mahasiswa yang tahun ini masih aktif menerima beasiswa mahasiswa Pemuda Tangguh. Ia juga menjelaskan abhwa penerima beasiswa yang sudah diintervensi di tahun 2023 sebanyak 3.186 mahasiswa.

“Sedangkan penerima beasiswa yang lulus tahun 2023 sebanyak 496 mahasiswa, sehingga penerima beasiswa yang masih aktif tahun 2023 ini sebanyak 2.700 mahasiswa,” katanya.

Mereka ini tersebar di 12 Perguruan Tinggi Negeri yang sudah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya, yaitu Institute Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya (POLTEKKES), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPN), Universitas Terbuka (UT), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Universitas Brawijaya Malang (UNIBRAW), Institute Teknologi Bandung (ITB).

“Mahasiswa-mahasiswa ini juga kami libatkan dalam program Pemkot Surabaya yaitu Sinau bareng dan Puspaga RW,” pungkasnya


[Redho]
ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Dandim 0703/Cilacap Bersama Anggota Koramil 17/Dyh,Peduli Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni di Desa Panulisan Tengah

CILACAP-METROPAGINEWS.COM || Setelah adanya Kisah Pilu Rumah salah seorang Janda yang bernama Ny.Tarwi (65 th ) disalah satu Youtube...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427