Sabtu, Maret 2, 2024

Wali Kota Cimahi Ngatiyana Datang Ke Kelurahan Melong, Ada Apa?

Must Read

Cimahi – metropaginews.com || Wali kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana, S.A.P., beserta jajaran datang ke Taman Oreo di Jl. Silih Asih, Melong Raya, Cimahi Selatan kota Cimahi dalam rangka meninjau Pembinaan satuan anggota Linmas di Kelurahan Melong. Kegiatan yang ditinjau langsung oleh wali kota ini merupakan Pembinaan para anggota Linmas di Kelurahan Melong, dalam rangka peningkatan sumber daya manusia untuk terpeliharanya keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat, bertempat di Taman Oreo, Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, kota Cimahi, Kamis (29/9/2022).

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Wali kota Cimahi, Letkol(Purn) Ngatiyana, S.A.P., dan dihadiri oleh Camat Cimahi Selatan, Asep Jayadi, S.E.,M.M., Lurah Melong, Dian Rohimat, S.Sos.,M.IP., Kasi Pemtramtibum Kelurahan Melong, Riswan Juariana, S.IP., Danramil 0809/CMH, Mayor Inf. Wastra, anggota Babinsa dan unsur TNI, anggota Babinkamtibmas dari unsur Polri, serta seluruh anggota Satlinmas dari tiap RW se-Kelurahan Melong.

Dalam sambutannya, Ngatiyana sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan sumber daya manusia, dalam hal ini anggota linmas untuk terpeliharanya keamanan, ketentraman, dan ketertiban di masyarakat, karena linmas sudah diatur dalam Permendagri No. 10 tahun 2009 tentang penugasan linmas dalam hal penanganan keamanan, ketentraman, dan ketertiban khususnya, dalam penyelenggaraan pemilu, anggota linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan dalam melaksanakan kegiatan salah satunya adalah pengamanan bencana alam, untuk mengurangi dampak dan memperkecil akibat bencana, dan untuk membantu serta berperan serta dalam kegiatan sosial di masyarakat.

Kelurahan Melong, dalam upaya menjadikan wilayah yang aman, nyaman menjalin kerjasama dengan pihak terkait salah satunya dengan Pihak Koramil 0809/Cimahi Tengah dan Pihak Polsek Cimahi Selatan dalam pelatihan dan Pembinaan Linmas Kelurahan Melong kecamatan Cimahi Selatan.

Linmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahahan sipil saja.

Selain daripada itu, agar Linmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah, Kelurahan Melong mengadakan sebuah pelatihan Pembinaan Linmas yang bertujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan.

Kepada awak media, Wali kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiayana, S.A.P., mengatakan pembinaan terhadap Linmas ini bertujuan agar supaya para anggota Linmas lebih tahu tugas dan tanggung-jawabnya.

“Linmas adalah fungsi pengamanan, dan merupakan perlindungan masyarakat, juga penegak Kamtibmas. Tegasnya adalah membantu petugas Hukum, namun tetapi anggota Linmas tetap menempel kepada Kelurahan yang menjadi pembinanya untuk menjaga keamanan. Alhamdulillah, dari 207 anggota Linmas di Kelurahan Melong dengan antusias dan semangatnya, walaupun itu adalah pengabdian, namun tetapi mereka tetap semangat untuk membantu dan menjaga masyarakat,” ucapnya.

Ia menuturkan, bahwa di kota Cimahi ada sekitar 3000 Linnas yang di bina untuk menjaga masyarakat di wilayahnya.

“Saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan pembinaan Linmas di Kelurahan Melong ini, dan kita patut apresiasi juga, walaupun banyak yang sudah sepuh, tapi masih semangat untuk berjuang bagi kota Cimahi,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ngatiyana  menyerahkan secara simbolis jaket dan kaos kepada anggota Linmas Kelurahan Melong, dengan anggaran biayanya hasil daripada swadaya para anggota Linmas itu sendiri.

Camat Cimahi Selatan, Asep Jayadi, S.E., M.M., mengatakan bahwa para anggota Linmas di kota Cimahi, termasuk di Kecamatan Cimahi Selatan khususnya, sudah dimasukan di BPJS Ketenagakerjaan, dengan tujuan apabila ada hal-hal yang tidak di inginkan atau sampai meninggal dunia, semua anggota Linmas sudah di cover oleh BPJS tersebut.

“Pemerintah kota Cimahi sudah menjamin semua anggota Linmas, dan sudah dimasukkan ke BPJS ketenagakerjaan, dan ini adalah merupakan bukti Pemerintah kota memperhatikan lembaga-lembaga tersebut, sehingga dilapangan tidak merasa kaku dan merasa iklhas bekerjasama untuk masyarakat dan perlindungan masyarakat diwilayahnya masing-masing,” ucap Camat yang akrab di kalangan wartawan ini dengan sapaan “Pak Ajay”. (Singkatan dari nama Asep Jayadi – RED).

Ajay berharap, apa yang dilakukan oleh Kelurahan Melong terkait pemberian Jaket dan kaos anggota Linmas atas biaya swadaya para anggota Linmas itu sendiri, diharapkan akan menjadikan contoh yang baik buat Kelurahan-kelurahan lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Cimahi Selatan.

“Kami akan dorong Kelurahan-Kelurahan lainnya, Cibeber, Utama, Cibeureum, dan Leuwigajah untuk bisa melaksanakan seperti apa yang dilakukan oleh Kelurahan Melong dalam membina Linmas diwilayahnya, dan kami akan berupaya untuk empat Kelurahan lainnya seperti di Kelurahan Melong ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Melong, Dian Rohimat, S.Sos., M.IP., menjelaskan, bahwa jumlah anggota Linmas di Kelurahan Melong terdiri dari 36 RW, dan 191 RT. Dalam perekrutan anggota Linmas di setiap RW, adalah di masing-masing RT mengirimkan satu orang anggota Linmas. Dan yang menjadi atasan Linmas tersebut yaitu Ketua RT/RW nya, dengan mekanisme jika ada kejadian perihal Kamtibmas, anggota Linmas langsung melapor kepada ketua RT dan dilanjutkan kepada ketua RW, lalu ke Kelurahan.

“Alhamdulillah kegiatan pembinaan anggota satuan Linmas ini berjalan lancar. Dan Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak wali kota Cimahi, juga Bapak Camat Cimahi Selatan yang memberikan apresiasi kepada Linmas di Kelurahan Melong. Selain itu, Bapak Walikota memberikan secara simbolis berupa jaket dan kaos, dan ini merupakan hasil swadaya dari para anggota Linmas sendiri. Saya sebagai Lurah Melong, sangat mengapresiasi sekali kepada anggota Linmas yang sangat kompak dan solid bekerjasama dengan ketua RT dan Ketua RW-nya masing-masing,” ucapnya.

 

Kasi Pemtramtibum Kelurahan Melong, Riswan Juariana, S.IP., menambahkan, insentif yang diberikan kepada anggota Linmas adalah Rp.200 Ribu/bulan.

“Insentif yang diberikan kepada anggota Linmas kurang lebih Rp.200 Ribu, dan itu termasuk didalamnya ada potongan BPJS sebesar Rp.16 Ribu, untuk jaminan bagi para anggota Linmas. Mudah-mudahan kedepannya Pemerintah kota Cimahi ada anggaran untuk bisa menaikkan insentif bagi para anggota Linmas di kota Cimahi ini,” pungkasnya. (*)

Laporan Wartawan METROPAGI NEWS : Tedy Yana Setiawan

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Korban Penipuan Minta LP, Polres Magetan Enggan Keluarkan LP, Pengamat Kepolisian Didi Sungkono Bicara

SURABAYA - METROPAGINEWS.COM || Polres Magetan Polda Jatim, tolak mengeluarkan Laporan Polisi (LP) dalam kasus penipuan yang menimpa korban...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373