Selasa, Mei 21, 2024

Ditjen Bina Adwil Dorong Pemda Lakukan Identifikasi dan Pemetaan Peluang Kerja Sama

Must Read

Jakarta – METROPAGINEWS.COM ||  Dalam rangka mendorong pemerintah daerah melaksanakan kerja sama untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan percepatan pelayanan publik, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan menggelar Rapat Pemetaan Urusan Pemerintahan yang dapat dilakukan kerja sama di Hotel Orchardz Industri pada hari Senin, 25 Maret 2024.

Pelaksanaan rapat tersebut menjadi penting sebagai bentuk implementasi konsep Collaborative Government yang selalu disampaikan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Dr. Safrizal ZA., M.Si yang saat ini juga menjabat sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung untuk menggabungkan keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing daerah.

Edi Cahyono, S.STP., MAP, Plh. Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama menyampaikan pentingnya identifikasi dan pemetaan urusan pemerintahan yang akan dikerjasamakan berdasarkan potensi dan karakteristik daerah.

“Di Tahun 2023, terdapat 181 daerah (35%) yang tercatat melakukan kerja sama daerah. Dari 181 daerah tersebut baru 49 daerah (27%) yang sudah melakukan pemetaan urusan pemerintahan yang dapat dikerjasamakan,” jelas Edi pada pembukaan pelaksanaan kegiatan.

Lebih lanjut Edi menegaskan pentingnya pemetaan potensi daerah untuk dilakukan oleh suruh pemerintah daerah agar arah kebijakan dalam rangka kerja sama daerah tepat sasaran dan dapat bermanfaat bagi Masyarakat. Dengan adanya kerja sama, diharapkan mampu menjadi solusi dari keterbatasan PAD dan penyelesaian masalah isu-isu strategis di daerah.

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

PWMOI Cilacap Pererat Silaturahmi dengan Ngopi dan Kumpul Bareng

CILACAP - METROPAGINEWS.COM || Puluhan wartawan dari barbagai media online yang tergabung dalam Perkumpulan Wartawan Online Indonesia (PWMOI) menggelar...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420