Sabtu, Mei 18, 2024

Literasi dan kemampuan anak pemuda 

Must Read

Di era moderensasi sekarang ini, anak muda sudah di transformasikan oleh berbagai jenis alat teknologi salah satu contohnya adalah Handphone. Handphone merupakan salah satu telekomunikasi elektronik yang bisa dibawa kemana-mana dan mempermudahkan manusia dalam pekerjaannya.


Handphone memiliki berbagai jenis fungsi bukan hanya sebagai media komunikasi melainkan sebagai media hiburan, media bisnis, dan sebagainya. Dengan adanya teknologi ini anak muda nampaknya salah dalam menggunakan media tersebut dan bahkan sekarang sudah terjerumus dalam dalam penggunaan handphone tersebut, terkadang aktivitas sehariannya penuh dengan handphone sampai lupa tugas anak muda sebagai apa? Bahkan sekarang handphone sudah menjadi perioritas oleh anak muda sedangkan buku menjadi bagian yang terakhir dan betapa banyaknya orang yang mengeluh kehidupan di tengah sesaknya media sosial (Dunia jenuh media) seperti sekarang. Orang tua sering mengkhawitir anaknya dengan perilaku yang sering menggunakan medsos.

Untuk meminimalisir hal ini sekiranya, pemuda harus dididik sejak dini. Pendidikan sejak dini akan meningkatkan pengetahuan, kemampuannya sekaligus karakter mereka. Dengan tercapainya hal ini, penggunaan media sosial yang berlebihan tidak akan dialami oleh para pemuda.

Dalam kehidupan saat ini terlebih khusus anak muda tentunya literasi sangatlah penting untuk kemampuan birpikir yang lebih optimal dan perlu dikembangakan juga dan perlu kita pupuki dengan cara membaca buku ataupun menulis agar ide yang kita miliki mampu berkembang secara optimal. kemampuan literasi merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh anak muda dalam menghadapi era global untuk memnuhi kebutuhan hidup dalam berbagai situasi dan upaya untuk meningkatkan literasi adalah melalui program gerak literasi sekoklah (GLS). dengan membuat program (GLS) anak muda sangat membantu untuk kembangkan idenya. Dengan kembangkan ide itu sehingga anak muda dapat menumbuhkan kecerdasan nya secara perlahan.

 

OLEH: FREDERICO P. P. ANTITIRANI

SMAK Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo

ONLINE TV NUSANTARA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest News

Didi Sungkono Apresiasi Unit PPA Polres Kab.Malang Tahan Pelaku Pemerkosaan

SURABAYA - METROPAGINEWS.COM || Penyidik unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Kabupaten Malang patut diapresiasi atas penahanan pelaku...

More Articles Like This


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/metropaginews/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420